Search This Blog

Kunci Jawaban Pelatihan PINTAR Kemenag Modul 4.2 Pilihan Ganda

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kunci Jawaban Pelatihan PINTAR Kemenag Modul 4.2 Pilihan Ganda
Oct 4th 2024, 17:17, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Kunci Jawaban Pelatihan PINTAR Kemenag Modul 4.2. Foto: dok. Unsplash/Priscilla Du Preez 🇨🇦
Ilustrasi Kunci Jawaban Pelatihan PINTAR Kemenag Modul 4.2. Foto: dok. Unsplash/Priscilla Du Preez 🇨🇦

Kunci jawaban Pelatihan PINTAR Kemenag Modul 4.2 Perubahan Paradigma Pendidikan merupakan materi yang penting untuk memudahkan peserta tes. Khususnya dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yang sedang berjalan di sekolah.

Dalam materi tes, biasanya disajikan beberapa format soal dan jawaban. Materi tes satu ini disajikan dalam format pilihan ganda.

Kunci Jawaban Pelatihan PINTAR Kemenag Modul 4.2 Pilihan Ganda dan Soalnya

Ilustrasi Kunci Jawaban Pelatihan PINTAR Kemenag Modul 4.2. Foto: dok. Unsplash/Joseph Frank
Ilustrasi Kunci Jawaban Pelatihan PINTAR Kemenag Modul 4.2. Foto: dok. Unsplash/Joseph Frank

Dikutip dari dalam buku berjudul Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran, Dr. M. Ilyas Ismail, M.Pd., M.Si, ‎Syarifuddin (2019: 7), soal pilihan ganda adalah suatu butir soal yang alternatif jawabannya lebih dari dua.

Soal pilihan ganda juga dapat didefinisikan sebagai bentuk soal yang jawabannya dapat dipilih dari beberapa kemungkinan jawaban yang telah disediakan. Pada umumnya, jumlah alternatif jawaban berkisar antara 4 atau 5 jawaban. Pilihan jawaban terdiri atas kunci dan pengecoh.

Bagi peserta tes yang ingin mempersiapkan diri sebelum tes, berikut ini adalah kunci jawaban Pelatihan PINTAR Kemenag Modul 4.2 Perubahan Paradigma Pendidikan.

1. Perspektif ibadah dalam muatan kurikulum merdeka di madrasah adalah ….

A. Menekankan pentingnya fokus pada aspek akademis dalam Pendidikan

B. Memisahkan pendidikan dari nilai-nilai agama dan ibadah

C. Mengintegrasikan nilai-nilai agama dan ibadah dalam semua aspek pembelajaran

D. Mengabaikan aspek spiritual dalam Pendidikan

Kunci Jawaban: C. Mengintegrasikan nilai-nilai agama dan ibadah dalam semua aspek pembelajaran

2. Keterampilan untuk mengelola, mengolah, memilih dan menyingkapi dengan bijak sebuah informasi agar tidak terjebak pada informasi yang merugikan dirinya sendiri adalah.…

A. Communication

B. Critical Thinking

C. Information Literacy

D. Technology Literacy

Kunci Jawaban: C. Information Literacy

3. Kemampuan generasi mendatang hendaknya tidak lagi fokus pada pengetahuan karena internet telah menyediakan segalanya, namun keterampilan hidup abad-21 yang senantiasa akan dibutuhkan untuk menghadapi perubahan yang tidak menentu. Berdasarkan situasi tersebut, pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah ….

A. Pembelajaran diorientasikan untuk menumbuhkembangkan nalar kritis dan kreatif

B. Pendidik harus menyesuaikan dengan konstruksi kurikulum

C. Peserta didik dalam pembelajaran harus dikenalkan penggunaan teknologi

D. Kurikulum harus fokus dalam membentuk karakter peserta didik

Kunci Jawaban: B. Pendidik harus menyesuaikan dengan konstruksi kurikulum

4. Kurikulum memiliki fungsi menyiapkan generasi penerus bangsa agar siap menghadapi tantangan di zamannya sekaligus mewariskan budaya bangsa. Karena itu kurikulum mengalami perubahan beberapa kali. Pertimbangan paling penting perubahan kurikulum adalah ….

A. Menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik

B. Mengikuti perkembangan tantangan zaman

C. Mengikuti perubahan politik yang terkait pendidikan

D. Menyederhanakan materi pelajaran yang sangat padat

Kunci Jawaban: B. Mengikuti perkembangan tantangan zaman

5. ÙˆَالَّØ°ِÙŠْÙ†َ اٰÙ…َÙ†ُÙˆْا ÙˆَاتَّبَعَتْÙ‡ُÙ…ْ Ø°ُرِّÙŠَّتُÙ‡ُÙ…ْ بِاِÙŠْÙ…َانٍ اَÙ„ْØ­َÙ‚ْÙ†َا بِÙ‡ِÙ…ْ Ø°ُرِّÙŠَّتَÙ‡ُÙ…ْ ÙˆَÙ…َآ اَÙ„َتْÙ†ٰÙ‡ُÙ…ْ Ù…ِّÙ†ْ عَÙ…َÙ„ِÙ‡ِÙ…ْ Ù…ِّÙ†ْ Ø´َÙŠْØ¡ٍۚ ÙƒُÙ„ُّ امْرِئٍ ۢ بِÙ…َا Ùƒَسَبَ رَÙ‡ِÙŠْÙ†ٌ

Pernyataan yang sesuai dengan isi kandungan Surah Ath Thur ayat 21 yang terkait dengan kekhasan pendidikan madrasah adalah….

A. Menghadapi peserta didik yang memiliki akhlak tercela dengan bimbingan tanpa hati Nurani

B. Semua tindakan guru kepada peserta didik didasari rasa kasih sayang, terhadap peserta didik yang berperilaku kurang baik tetap disikapi dengan pandangan kasih sayang bukan kebencian

C. Pembelajaran di madrasah mengesampingkan hati nurani untuk siswa yang memiliki akhlak tercela

D. Memandang peserta didik yang mempunyai kemampuan belajar tinggi dengan kasih sayang

Kunci Jawaban: B. Semua tindakan guru kepada peserta didik didasari rasa kasih sayang, terhadap peserta didik yang berperilaku kurang baik tetap disikapi dengan pandangan kasih sayang bukan kebencian

6. Seorang pendidik perlu mengenal bakat dan potensi setiap anak. Pernyataan yang tepat akan pentingnya mengenal bakat minat dan potensi siswa adalah …

A. 1, 2, dan 3

B. 1, 3, dan 4

C. 3, 4, dan 5

D. 1, 2, dan 5

Kunci Jawaban: D. 1, 2, dan 5

7. Dalam penerapan Kurikulum Merdeka terdapat prinsip fleksibilitas, karena itu timbul istilah pembelajaran berdiferensiasi. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi menjadi penting karena….

A. Menciptakan pembelajaran yang kompetitif

B. Hanya mengakomodasi kebutuhan siswa yang memiliki kecerdasan tinggi

C. Memenuhi kebutuhan belajar yang beragam dari setiap siswa

D. Semua siswa mendapat perlakuan yang sama

Kunci Jawaban: C. Memenuhi kebutuhan belajar yang beragam dari setiap siswa

8. Salah satu kekhasan pembelajaran di madrasah bahwa pembelajaran tersebut mengarusutamakan upaya memfungsikan hati nurani dengan membersihkan diri dari akhlak tercela (takhally) dan sekaligus menghiasi diri dengan akhlak terpuji (tahally) melalui proses mujahadah (kesungguhan) dan riyadhah (latihan). Hal ini sesuai dengan nilai kekhasan dan ruh Pendidikan madrasah, yaitu ….

A. Pandangan ainur rahmah

B. Perspektif ibadah kepada Allah Swt

C. Hubungan guru dan peserta didik dengan mahabbah fillah

D. Hati nurani sebagai sasaran utama

Kunci Jawaban: A. Pandangan ainur rahmah

9. Madrasah adalah sekolah umum berciri khas agama Islam. Hal yang harus ditanamkan dalam implementasi proses pendidikan di madrasah adalah memperkuat nilai-nilai keagamaan. Pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah ….

A. Nilai spiritual keagamaan mewarnai cara berfikir dan bersikap dalam praktik pendidikan di madrasah

B. Semua aktivitas praktik pendidikan di madrasah diorientasikan dalam konteks beribadah kepada Allah Swt

C. Pendidikan agama dan umum harus dipisahkan secara tegas, supaya masing-masing dapat berjalan sesuai dengan target

D. Madrasah mengajarkan pendidikan agama Islam lebih banyak dari pada di sekolah

Kunci Jawaban: C. Pendidikan agama dan umum harus dipisahkan secara tegas, supaya masing-masing dapat berjalan sesuai dengan target

10. Dalam membentuk kompetensi keterampilan yang dibutuhkan abad-21 Kurikulum Merdeka menyarankan paradigma pembelajaran konstruktivisme sebagai acuan pembelajaran. Karena itu prinsip pengelolaan pembelajaran perlu ….

A. Memperhatikan karakteristik peserta didik

B. Guru lebih aktif mendampingi siswa dalam belajar

C. Pembelajaran diarahkan untuk menggunakan pembelajaran berdiferensiasi

D. Guru bertindak sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran

Kunci Jawaban: D. Guru bertindak sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran

Baca juga: Kunci Jawaban Pintar Kemenag untuk Latihan Modul 3.7 tentang Makalah Ilmiah

Materi soal dan kunci jawaban Pelatihan PINTAR Kemenag Modul 4.2 Perubahan Paradigma Pendidikan yang disajikan dalam artikel ini dapat digunakan untuk membantu persiapan tes. Semoga berhasil. (DAP)

Media files:
01j99w3mjhqrk89jje7xhrnhsc.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar