Search This Blog

3 Perbedaan Hari Guru Nasional dengan Hari Guru Sedunia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
3 Perbedaan Hari Guru Nasional dengan Hari Guru Sedunia
Oct 4th 2024, 17:13, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Perbedaan Hari Guru Nasional dengan Hari Guru Sedunia. Sumber: immo wegmann/unsplash
Ilustrasi Perbedaan Hari Guru Nasional dengan Hari Guru Sedunia. Sumber: immo wegmann/unsplash

Hari guru selalu diperingati setiap tahunnya baik Hari Guru Nasional maupun Hari Guru Sedunia. Lantas, apa perbedaan Hari Guru Nasional dengan Hari Guru Sedunia?

Ada beberapa perbedaan antara kedua peringatan hari guru tersebut. Walaupun berbeda, kedua peringatan tersebut sama-sama menjadi momen untuk apresiasi peran para guru.

Perbedaan Hari Guru Nasional dengan Hari Guru Sedunia

Ilustrasi Perbedaan Hari Guru Nasional dengan Hari Guru Sedunia. Sumber: lexscope/unsplash
Ilustrasi Perbedaan Hari Guru Nasional dengan Hari Guru Sedunia. Sumber: lexscope/unsplash

Untuk menghormati peran para guru, terdapat dua peringatan yakni Hari Guru Nasional dan Hari Guru Sedunia. Perbedaan Hari Guru Nasional dengan Hari Guru Sedunia tersebut adalah sebagai berikut.

1. Tanggal Perayaan

Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Mengutip buku Selamat Hari Guru, Vania Kharizma Satriawan, dkk. (2023), sejarah Hari Guru Nasional 25 November berawal dari penghormatan pemerintah tewrhadap guru di Indonesia.

Penghormatan ini tertuang di Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional. Menurut Keppres tersebut, guru memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional, khususnya dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Sedangkan peringatan Hari Guru Sedunia diperingati setiap 5 Oktober. Peringatan ini diselenggarakan bersama dalam kemitraan dengan Organisasi Perburuhan Internasinal (ILO), UNICEF, dan Education International (EI).

2. Sejarah

Sejarah Hari Guru Nasional adalah berdasarkan lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada 25 November 1945.

Sedangkan sejarah Hari Guru Sedunia adalah untuk memperingati diadopsinya Rekomendasi ILO/UNESCO 1966 tentang Status Guru seperti merujuk situs UNESCO.

Rekomendasi mengenai Status Tenaga Pengajar Pendidikan Tinggi diadopsi pada 1997 untuk melengkapi Rekomendasi 1966. Peringatan Hari Guru Sedunia diperingati sejak 1994.

3. Tujuan

Tujuan Hari Guru Nasional adalah untuk memberikan penghormatan dan apresiasi kepada guru-guru di Indonesia atas dedikasi mereka dalam pembelajaran kepada peserta didik. Selain itu, peringatan Hari Guru Nasional juga bertepatan Hari Ulang Tahun persatuan Guru Republik Indonesia (HUT PGRI).

Sementara tujuan Hari Guru Sedunia adalah untuk memusatkan perhatian atas kontribusi dan prestasi guru, juga untuk menyoroti keprihatinan serta prioritas guru dalam hal pendidikan.

Baca Juga: Penjelasan tentang Hari Guru Apakah Tanggal Merah

Demikian tiga perbedaan Hari Guru Nasional dengan Hari Guru Sedunia. Semoga informasi ini bermanfaat. (ARD)

Media files:
01j9akrzx8dkj1ajx3v767nb1e.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar