Search This Blog

Prinsip Materi P5 Kelas 5 Kurikulum Merdeka Terbaru

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Prinsip Materi P5 Kelas 5 Kurikulum Merdeka Terbaru
Jul 14th 2024, 18:10, by Berita Terkini, Berita Terkini

Materi P5 kelas 5. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Pixabay
Materi P5 kelas 5. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Pixabay

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka Kelas 5 adalah inisiatif yang dirancang untuk mengembangkan karakter dan kompetensi siswa. Sebagai pengajar, tentu harus tahu prinsip materi P5 kelas 5 Kurikulum Merdeka.

P5 bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila, seperti Bhinneka Tunggal Ika, gotong royong, dan kemandirian. Selain itu, P5 juga berfungsi untuk mengembangkan kompetensi berpikir kritis, kreatif, komunikatif, kolaboratif, dan pemecahan masalah.

Prinsip-Prinsip Materi P5 Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Materi P5 kelas 5. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Mikhail Nilov
Materi P5 kelas 5. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Mikhail Nilov

Materi P5 kelas 5 dalam Kurikulum Merdeka didasarkan pada empat prinsip utama yang menjadi landasan bagi pendekatan pembelajaran pada pengembangan karakter siswa.

Berikut adalah empat prinsip tersebut dikutip dari buku Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Rizky Satria, (2022).

1. Holistik

Pendekatan holistik mengharuskan siswa untuk mempelajari tema atau topik secara menyeluruh dan terintegrasi. Hal ini berarti menghubungkan berbagai mata pelajaran ke dalam satu kesatuan pembelajaran yang kohesif.

Pendekatan ini tidak hanya memperdalam pemahaman siswa terhadap suatu topik, tetapi juga membantu melihat bagaimana berbagai aspek kehidupan saling terkait.

2. Kontekstual

Pembelajaran dalam P5 haruslah relevan dengan kehidupan nyata siswa, terutama dengan masalah-masalah yang ada di sekitar. Ini bisa mencakup isu-isu lingkungan, sosial, budaya, atau ekonomi yang dapat diidentifikasi sebagai bagian dari pembelajaran.

Dengan pendekatan kontekstual, siswa diharapkan dapat melihat bagaimana pembelajaran dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan mengembangkan keterampilan untuk menghadapi tantangan di dunia nyata.

3. Berpusat pada Peserta Didik

Prinsip ini menempatkan siswa sebagai subjek aktif dalam proses belajar-mengajar. Siswa diberi kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan bakat, serta untuk berkreasi dan berinovasi.

Dengan demikian, tidak hanya menerima informasi, tetapi juga aktif dalam membangun pengetahuan sendiri sesuai dengan cara belajar terbaik.

4. Eksploratif

Prinsip eksploratif mendorong siswa untuk menjadi pembelajar yang mandiri dan proaktif. Para siswa didorong untuk mencari tahu lebih dalam, menggali informasi dari berbagai sumber, dan melakukan penyelidikan secara mandiri.

Hal ini tidak hanya mengembangkan keterampilan penelitian, tetapi juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis dalam mengevaluasi informasi yang ditemui.

Baca juga: Kumpulan Contoh Modul P5 dalam Kurikulum Merdeka

Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, materi P5 kelas 5 Kurikulum Merdeka tidak hanya bisa mengembangkan pengetahuan akademis siswa, namun juga untuk memperkuat karakter dengan keterampilan yang diperlukan demi kesuksesan di masa depan. (RIZ)

Media files:
01j2r5k18wg535mzbj4pxfg6ys.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar