Search This Blog

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 107 Kurikulum Merdeka: Percobaan Aktivitas 4.1

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 107 Kurikulum Merdeka: Percobaan Aktivitas 4.1
Oct 8th 2024, 17:33, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 107 Kurikulum Merdeka. Foto: Pexels/JESHOOTS.com
Ilustrasi kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 107 Kurikulum Merdeka. Foto: Pexels/JESHOOTS.com

Dalam pelajaran IPA, siswa biasa akan melakukan percobaan atau eksperimen. Salah satunya percobaan getaran pada bandul untuk siswa kelas 8. Kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 107 Kurikulum Merdeka terkait percobaan tersebut banyak dicari.

Adanya kunci jawaban dapat menjadi pembanding dengan jawabannya sendiri untuk lebih memahami materi getaran. Sehingga, pada halaman tersebut, siswa diminta untuk memahami lebih mendalam percobaan atau eksperimen yang telah dilakukan.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 107 Kurikulum Merdeka

Ilustrasi kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 107 Kurikulum Merdeka. Foto: Pexels/Pixabay
Ilustrasi kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 107 Kurikulum Merdeka. Foto: Pexels/Pixabay

Dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VIII oleh Okky Fajar Tri Maryana, dkk. (2021) pada halaman 107, siswa diminta untuk mengerjakan Mari Uji Kemampuan Kalian berdasarkan percobaan aktivitas 4.1. Dalam aktivitas tersebut, siswa diminta untuk mengamati bandul yang diayunkan untuk mengetahui getarannya.

Perlu diketahui, getaran adalah gerak bolak balik suatu benda lewat titik seimbang. Salah satunya pada ayunan bandul.

Bandul dibuat mula-mula dalam keadaan diam pada kedudukan O. Pada posisi ini disebut sebagai posisi/kedudukan seimbang. Bandul tersebut kemudian ditarik pada kedudukan A dengan sudut simpangan kecil (sekitar 100ยบ).

Pada saat bandul dilepaskan dari kedudukan A, bandul akan bergerak teratur melalui titik A-O-B-O-A dan gerakan itu disebut gerak bolak balik dalam 1 kali getaran. Salah satu ciri dari getaran adalah adanya amplitudo atau simpangan terbesar (O – A atau O – B).

Setelah melakukan percobaan eksperimen mengayunkan bandul pada Aktivitas 4.1, siswa kemudian diminta untuk mengerjakan Mari Uji Kemampuan Kalian. Kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 107 Kurikulum Merdeka dari Mari Uji Kemampuan Kalian yakni:

1. Berdasarkan Aktivitas 4.1, tuliskanlah semua variabel/parameter bandul sederhana yang telah dilakukan!

Jawaban:

Variabel atau parameter bandul sederhana adalah frekuensi, amplitudo, periode, dan jumlah dari getaran yang dihasilkan.

2. Berdasarkan percobaan pada Aktivitas 4.1, apakah panjang tali yang digunakan pada bandul berpengaruh terhadap periode getar? Bagaimanakah hubungannya?

Jawaban:

Panjang tali yang digunakan pada bandul akan mempengaruhi periode getar yang dihasilkan. Semakin panjang tali yang digunakan, semakin besar periode yang dihasilkan. Sebaliknya, semakin pendek tali yang digunakan, semakin kecil periode yang didapatkan.

3. Kemudian, apakah panjang tali yang digunakan pada bandul berpengaruh terhadap frekuensi getaran?

Jawaban:

Panjang tali yang digunakan frekuensi yang dihasilkan. Sehingga, semakin panjang tali yang digunakan, maka frekuensi yang dihasilkan akan semakin kecil.

Begitu pula sebaliknya, semakin pendek tali yang digunakan, maka frekuensi yang dihasilkan akan semakin besar.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 128 Kurikulum Merdeka untuk SMP

Sekarang, sudah mengetahui kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 107 Kurikulum Merdeka dari Mari Uji Kemampuan Kalian bukan? Semoga kunci jawaban di atas dapat menjadi pembelajaran, terutama dalam memahami materi getaran.(MZM)

Media files:
01j9ndbt9p5481z5y33qke001c.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar