Search This Blog

Jawaban Barakallah Fiik untuk Perempuan beserta Artinya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jawaban Barakallah Fiik untuk Perempuan beserta Artinya
Jul 14th 2024, 17:30, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Jawaban Barakallah Fiik untuk Perempuan. Sumber: Unsplash/Masjid MABA
Ilustrasi Jawaban Barakallah Fiik untuk Perempuan. Sumber: Unsplash/Masjid MABA

Jawaban barakallah fiik untuk perempuan perlu dikenali oleh seorang umat Islam. Pasalnya, barakallah merupakan doa baik yang diberikan orang lain saat mereka mengucapkannya. Ungkapan ini juga cukup sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Barakallah merupakan ungkapan bahasa Arab yang biasanya digunakan untuk mengucapkan terima kasih. Penggunaan ungkapan barakallah ini perlu dipahami karena dapat digunakan untuk berbagai macam konteks pembicaraan.

Jawaban Barakallah Fiik untuk Perempuan

 Ilustrasi Jawaban Barakallah Fiik untuk Perempuan. Sumber: Unsplash/Masjid MABA
Ilustrasi Jawaban Barakallah Fiik untuk Perempuan. Sumber: Unsplash/Masjid MABA

Agama Islam memiliki beberapa ucapan yang biasa diungkapkan untuk menuangkan ekspresi maupun tanggapan atas suatu hal maupun kejadian. Salah satunya adalah kalimat "barakallahu fiik".

Dikutip dari buku Bijak Zikrullah, Muhammad Nazir dan Mohammed Khalid, (2016:18), "barakallahu fiik" memiliki arti semoga Allah memberikan keberkahan padamu.

Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Shalallahu'alahiwassalam, yang berbunyi:

Dari 'Aisyah radhiallahu 'anha mengisahkan

"Aku memberikan hadiah kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berupa seekor domba. Lantas Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Bagi dualah domba tersebut". Telah menjadi kebiasaan bagi Aisyah radhiallahu 'anha, bila pelayannya telah pulang, maka ia bertanya: "Apa yang mereka katakan?" Pelayanannya menjawab, mereka mengucapkan: "Barakallahu fiikum (semoga Allah melimpahkan keberkahan pada kamu)". Maka Aisyah radhiallahu 'anha mengucapkan: "Wa fiihim barakallah" (dan semoga Allah pun melimpahkan keberkahan kepada mereka).

[HR. Nasa'i dalam Amalul Yaum wal lailah no.303. Kata Al Albani rahimahullah dalam Al-Kalim At-Thayyib 239: Jayyid/bagus]

Adapun jawaban yang tepat untuk menjawab ungkapan barakallah adalah wa fiika barakallah yang artinya semoga Allah juga memberikan berkah kepadamu. Jawaban ini bisa disesuaikan dengan orang yang mendoakan.

Umat Islam bisa mengucapkan wa fiika barakallah untuk laki-laki, wa fiiki barakallah jawaban barakallah fiik jawaban untuk banyak orang.

Ada waktu dan kondisi tertentu yang menjadikannya tepat untuk diucapkan. Adapun waktu dan kondisi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Saat mengucapkan terima kasih.

  • Bertemu dengan mualaf.

  • Bertemu dengan orang yang sedang bahagia atas keberhasilannya.

  • Bertemu orang yang sudah menikah.

  • Bertemu orang yang baru melahirkan.

  • Ucapan dan doa ulang tahun.

Baca Juga: Fii Amanillah untuk Laki-Laki dan Cara Menjawabnya dengan Benar

Demikianlah ulasan tentang jawaban barakallah fiik untuk perempuan. Semoga bermanfaat.(glg)

Media files:
01j2p6arxf101j9jh5kbt6g86q.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar