Search This Blog

Jadwal Rangkaian Ibadah Minggu Paskah 2024

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jadwal Rangkaian Ibadah Minggu Paskah 2024
Mar 23rd 2024, 18:30, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi rangkaian ibadah Minggu Paskah 2024 - Sumber: Pixabay/Geralt
Ilustrasi rangkaian ibadah Minggu Paskah 2024 - Sumber: Pixabay/Geralt

Sebentar lagi umat Kristiani akan merayakan Paskah. Paskah adalah salah satu perayaan paling penting bagi umat Kristiani selain Natal. Supaya tidak terlewat, ketahui jadwal rangkaian ibadah Minggu Paskah 2024.

Tiap gereja biasanya memiliki jadwal ibadah Minggu Paskah yang berbeda. Baik secara jam ibadah, maupun liturgi yang digunakan.

Rangkaian Ibadah Minggu Paskah 2024 yang Perlu Diketahui

Ilustrasi rangkaian ibadah Minggu Paskah 2024 - Sumber: Pexels/Josh Sorenson
Ilustrasi rangkaian ibadah Minggu Paskah 2024 - Sumber: Pexels/Josh Sorenson

Paskah tahun 2024 akan diperingati pada hari Minggu, 31 Maret 2024. Berdasarkan Surat Keputusan Bersama 3 Menteri yang bisa dibaca pada website resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, https://setkab.go.id, Jumat Agung dan Paskah ditetapkan sebagai libur nasional.

Pada tahun 2024 ini, tema Paskah yang diusung oleh Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) adalah "Hidup sebagai alat kebenaran-Nya", merujuk pada ayat Alkitab di Roma 6:13. Tema ini menyoroti bagaimana umat Kristiani harus hidup dan bertindak setelah diselamatkan oleh Yesus melalui karya penebusannya.

Berikut ini rangkaian ibadah Minggu Paskah 2024 atau yang dikenal dengan istilah pekan suci yang perlu diketahui.

1. Ibadah Minggu Palma (24 Maret 2024)

Awal pekan suci yang didasarkan pada peristiwa penyambutan Yesus di Yerusalem. Peringatan ini ditandai dengan perarakan menggunakan daun palma dan pembacaan Injil tentang kisah sengsara.

2. Ibadah Kamis Putih (28 Maret 2024)

Inilah awal tri hari suci yang juga merupakan peringatan perjamuan terakhir yang dilaksanakan oleh Yesus bersama 12 muridnya. Ibadah Kamis Putih ditandai dengan upacara pembasuhan kaki sebagai ajaran untuk melayani. Ada juga tuguran sebagai simbol berjaga-jaga.

3. Ibadah Jumat Agung (29 Maret 2024)

Peringatan ini untuk mengenang peristiwa Yesus wafat di kayu salib. Peringatan ini biasanya diwarnai ibadah jalan salib untuk Gereja Katolik. Ada juga upacara penghormatan salib sebagai pengingat Yesus rela mati untuk menebus dosa umat manusia.

4. Ibadah Sabtu Suci/Malam Paskah (30 Maret 2024)

Momen malam Paskah merupakan momen untuk memperingati kebangkitan Yesus setelah tiga hari wafat. Simbolnya adalah upacara cahaya menggunakan lilin. Lalu ada juga liturgi baptis sebagai tanda pembaharuan janji baptis dan awal hidup baru.

Ibadah Sabtu Suci atau Malam Paskah biasanya dirayakan oleh Umat Katolik. Sementara umat Kristen tidak begitu familiar dengan ibadah ini. Umat Kristen lebih merayakan ibadah Paskah pada Minggu pagi.

5. Ibadah Minggu Paskah (31 Maret 2024)

Minggu Paskah adalah ibadah raya untuk memperingati kebangkitan Yesus dan kemenangannya dari maut.

Baca Juga: Ide Hampers Paskah 2024 untuk Kerabat

Silakan catatan jadwal rangkaian ibadah Minggu Paskah 2024 ini. Pastikan untuk mengecek juga jadwal di gereja masing-masing tentang jam ibadah yang akan dilangsungkan karena tiap gereja memiliki jadwal yang berebda-beda. (SASH)

Media files:
01hsnff2zvz2bx7hf82x2qa059.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar