Search This Blog

Dua Bentuk Pameran Berdasarkan Peserta, Tempat Pelaksanaan, dan Jenis Karya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Dua Bentuk Pameran Berdasarkan Peserta, Tempat Pelaksanaan, dan Jenis Karya
Feb 3rd 2024, 21:01, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Sebutkan Dua Bentuk Pameran Berdasarkan Peserta. Sumber: Pexels/Pixabay
Ilustrasi Sebutkan Dua Bentuk Pameran Berdasarkan Peserta. Sumber: Pexels/Pixabay

Sebutkan dua bentuk pameran berdasarkan peserta! Berdasarkan jumlah pesertanya, pameran terbagi menjadi dua bentuk yang meliputi pameran tunggal serta pameran kelompok. Selain pembagian berdasarkan peserta, masih ada pembagian pameran yang lain.

Contohnya adalah pembagian pameran berdasarkan tempat pelaksanaan dan jenis karya. Berbeda bentuk pameran akan berbeda pula isi pamerannya. Oleh karena itu, pemahaman tentang bentuk pameran termasuk penting bagi calon penyelenggara pameran.

Sebutkan Dua Bentuk Pameran Berdasarkan Peserta!

Ilustrasi Sebutkan Dua Bentuk Pameran Berdasarkan Peserta. Sumber: Pexels/Shvets Anna
Ilustrasi Sebutkan Dua Bentuk Pameran Berdasarkan Peserta. Sumber: Pexels/Shvets Anna

Pameran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk menunjukkan hasil karya seni. Setiap pihak yang ingin menyelenggarakan pameran hendaknya mengetahui bentuk pameran yang akan dibuat.

Pengetahuan tersebut diperlukan karena berbeda bentuk pameran akan berbeda pula isi pameran, cara presentasi pameran, dan hal-hal yang dibutuhkan dalam pameran. Bentuk pameran ada banyak.

Salah satu contoh adalah bentuk pameran berdasarkan jumlah pesertanya. Sebutkan dua bentuk pameran berdasarkan peserta! Dikutip dari buku Seni Budaya untuk SMP/MTs Kelas IX, Milasari, dkk. (2018: 171), berikut jawaban yang tepat.

  • Pameran tunggal adalah pameran yang dilaksanakan perorangan. Hal itu berarti bahwa hasil karya yang dipamerkan merupakan karya seni satu orang saja.

  • Pameran kelompok adalh pameran yang pesertanya lebih dari satu atau beberapa kelompok. Misalnya, kelompok kelas 9 SMP, kelompok mahasiswa, kelompok kekerabatan, dan lain-lain.

Bentuk Pameran Berdasarkan Jenis Karya dan Tempat Pelaksanaan

Ilustrasi Sebutkan Dua Bentuk Pameran Berdasarkan Peserta. Sumber: Pexels/Cihan Karacayir
Ilustrasi Sebutkan Dua Bentuk Pameran Berdasarkan Peserta. Sumber: Pexels/Cihan Karacayir

Pameran tunggal dan kelompok merupakan pembagian pameran berdasarkan jumlah peserta. Selain dua bentuk pameran tersebut, ternyata masih ada banyak bentuk pameran lain yang diklasifikasikan berdasarkan jenis karya dan tempat pelaksanaan.

Mengutip dari buku yang sama, Milasari, dkk. (2018: 170 – 172), berikut adalah dua bentuk pameran berdasarkan jenis karya dan tempat pelaksanaan.

1. Berdasarkan Jenis Karya

Berdasarkan jenis karyanya, pameran terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Pameran homogen adalah jenis pameran yang memamerkan hanya satu jenis karya. Misalnya, pameran lukisan, pameran patung, dan lain-lain.

  • Pameran heterogen adalah jenis pameran yang memamerkan berbagai macam jenis karya seni. Misalnya, pameran seni rupa yang menampilkan lukisan, patung, kriya, batik, dan lain-lain.

2. Berdasarkan Tempat Pelaksanaan

Berdasarkan tempat pelaksanaannya, pameran terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Pameran di dalam ruang (indoor) adalah pameran dengan mengambil latar tertutup, misalnya di gedung atau museum.

  • Pemeran di luar ruang (outdoor) adalah penyelenggaraan pameran yang biasanya dilakukan terhadap karya yang tahan dengan suhu ruang terbuka, seperti patung batu, lukisan, atau keramik.

Baca juga: 6 Pengertian Pameran Seni Menurut Para Ahli

Jadi, jawaban dari instruksi sebutkan dua bentuk pameran berdasarkan peserta adalah pameran tunggal dan pameran kelompok. Selain pameran tunggal dan kelompok, ada pula bentuk pameran lainnya, yakni homogen, heterogen, indoor, dan outdoor. (AA)

Media files:
01hnq6k9bq1gj4617wq34bh0j9.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts