Search This Blog

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 222 Lengkap dengan Soalnya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 222 Lengkap dengan Soalnya
Feb 3rd 2024, 21:05, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 222. Foto: dok. Unsplash/Aaron Burden
Ilustrasi Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 222. Foto: dok. Unsplash/Aaron Burden

Kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 222 adalah salah satu materi penting yang perlu dikuasai siswa. Dalam materi ini, siswa diajarkan tentang sejarah perjuangan yang dilakukan pada masa awal kemerdekaan.

Salah satu pembahasannya adalah tentang Peristiwa Bandung Lautan Api. Selain itu, masih ada beberapa peristiwa bersejarah lainnya yang juga dibahas dalam mata pelajaran IPS. Dengan Mempelajari materi ini, siswa dapat memahami sejarah dengan lebih baik.

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 222 Lengkap

Ilustrasi Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 222. Foto: dok. Unsplash/Unseen Studio
Ilustrasi Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 222. Foto: dok. Unsplash/Unseen Studio

Mengutip buku berjudul Icebreaker: Penyemangat Belajar dari Membosankan menjadi Rileks, Irfan Suryana (2020:53), pemantapan materi pelajaran dapat dilakukan dengan mengulang kembali pelajaran yang telah diajarkan oleh guru di sekolah.

Untuk membantu siswa dalam menguasai mata pelajaran IPS, berikut ini kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 222 yang disajikan secara lengkap.

1. Pertempuran Surabaya

Pertempuran ini dimulai sejak terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby. Pihak Inggris memberi peringatan bagi pembunuh untuk menyerahkan diri segera dan memberi ultimatum bagi masyarakat yang memiliki senjata harus diserahkan.

Namun, masyarakat tidak mengindahkan ultimatum tersebut sehingga terjadi pertempuran Surabaya pada tanggal 10 November 1945.

2. Pertempuran Ambarawa

Pertempuran yang melibatkan TKR dengan Belanda dan sekutu ini dimulai saat tentara sekutu membebaskan orang-orang Belanda yang ditahan di Magelang dan Ambarawa. Pasukan sekutu dikalahkan oleh divisi V pimpinan Kolonel Sudirman pada tanggal 15 Desember 1945.

3. Bandung Lautan Api

Seperti namanya, peristiwa ini terjadi antara pemuda Bandung dengan pihak Inggris. Pertempuran ini terjadi karena golongan pemuda Bandung hilang kesabaran setelah Indonesia resmi merdeka sejak 17 Agustus, namun Jepang belum kunjung pergi. Kemudian tentara Indonesia membumihanguskan Bandung dengan tujuan agar Bandung tidak dikuasai kembali oleh sekutu.

4. Medan Area

Pertempuran ini terjadi antara para pemuda Indonesia di Medan dengan sekutu serta NICA. Perlawanan ini dilakukan dengan tujuan untuk merebut gedung pemerintahan yang diambil alih oleh Jepang. Peristiwa ini terjadi pada 13 Oktober 1945.

5. Serangan Umum 1 Maret 1949

Peristiwa ini merupakan serangan yang dilancarkan oleh jajaran tinggi militer Divisi III/GM III dengan tujuan untuk merebut kembali Yogyakarta. Tak hanya itu, serangan umum yang terjadi pada 1 Maret 1945 ini juga dilakukan untuk membuktikan kekuatan TNI dan RI dalam mempertahankan posisi Indonesia dalam perundingan yang berlangsung di PBB.

Baca juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 83 sampai Halaman 84

Demikian kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 222 yang dibahas dalam artikel ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan belajar tambahan bagi siswa. (DAP)

Media files:
01hnpvhj365p4r22123ad1z4m8.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts