Search This Blog

Kunci Jawaban Soal Jelaskan Kualitas Penduduk di Australia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kunci Jawaban Soal Jelaskan Kualitas Penduduk di Australia
Dec 10th 2023, 21:09, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Jelaskan Kualitas Penduduk Di Australia, Foto: Unsplash/zetter.
Ilustrasi Jelaskan Kualitas Penduduk Di Australia, Foto: Unsplash/zetter.

Banyak siswa yang mencari jawaban soal jelaskan kualitas penduduk di Australia. Soal tersebut termasuk bentul latihan mata pelajaran Geografi dengan materi Dinamika Penduduk Benua Australia.

Saat ini penduduk Australia sekitar 26 juta jiwa. Hal ini membuktikan bahwa pertumbuhan tahunan sebesar 0,987%. Australia memiliki populasi 0,329% dari populasi dunia. Australia juga menjadi tujuan negara migran bagi negara lainnya.

Jelaskan Kualitas Penduduk di Australia!

Ilustrasi Jelaskan Kualitas Penduduk Di Australia, Foto: Unsplash/zetter.
Ilustrasi Jelaskan Kualitas Penduduk Di Australia, Foto: Unsplash/zetter.

Dikutip dari buku Diktat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas IX karya I Nyoman Suparmita (2021: 15), benua Australia adalah benua yang terkecil di bagian bumi selatan. Australia juga dijadikan negara tujuan utama dari negara-negara konflik termasuk Timur Tengah.

Hal tersebut menjadi pertanyaan mengenai dinamika penduduk di sana yang berbunyi "Jelaskan kualitas penduduk di Australia!". Jawabannya adalah Australia merupakan sebuah benua dan negara dengan kualitas penduduk yang sangat tinggi.

Salah satu indikator kualitas penduduk yaitu angka harapan hidup menunjukkan kategori tinggi, yaitu 82 tahun. Ini menunjukkan penduduk Australia memiliki kondisi kesehatan yang baik. Pendapatan penduduk Australia juga tergolong tinggi yang mencapai 42.880 dolar.

Sekitar 92 persen penduduk Australia merupakan ras Kaukasoid. 7 persen dari Asia, dan sisanya merupakan warga Aborigin. Bangsa kulit putih umumnya datang dari Eropa, seperti Inggris dan Irlandia. Sisanya berasal dari Italia, Belanda, Skotlandia, Jerman, serta Yunani. Penduduk yang berasal dari Asia, sebagian besar dari China dan India.

Untuk persebaran penduduk Australia ini tergolong tidaklah merata. Hal ini bisa dilihat sekitar 85 persen penduduk tinggal di perkotaan dan sekitar 63 persen bermukim di Ibukota negara bagian. Penduduk lebih banyak menghuni daratan-daratan yang dekat dengan pantai di wilayah timur dan selatan Australia.

Persebaran penduduk yang tidak merata ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu sebagai berikut.

  1. Daerah perkotaan merupakan pusat-pusat ekonomi bagi penduduk Australia.

  2. Penduduk tinggal di pantai karena iklimnya yang sejuk dan curah hujan yang cukup. Daerah pedalaman mempunyai sedikit penduduk karena wilayahnya terlalu kering dan sedikit curah hujannya.

  3. Sebagian besar wilayah Australia memiliki iklim yang panas dan gersang dengan persediaan air yang sedikit sehingga hanya sedikit daerah yang layak dihuni oleh manusia.

Baca Juga: Contoh Soal Ujian Sekolah Geografi Kelas 12 dan Kunci Jawaban

Itulah uraian jawaban soal jelaskan kualitas penduduk Australia yang bisa digunakan untuk referensi. Kesimpulannya, Australia memiliki kualitas penduduk yang sangat tinggi dengan angka harapan hidup yang tinggi juga. (Umi)

Media files:
01hh8pcmk65epn45pqjq44d97n.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar