Search This Blog

Cara Pembuatan Bedug dari Kulit Sapi atau Kerbau

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Cara Pembuatan Bedug dari Kulit Sapi atau Kerbau
Dec 10th 2023, 21:18, by Berita Terkini, Berita Terkini

Cara pembuatan bedug. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Mufid Majnun
Cara pembuatan bedug. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Mufid Majnun

Masyarakat perlu mengetahui cara pembuatan bedug dari kulit sapi maupun kulit kerbau. Terlebih lagi jika masyarakat tersebut merupakan pengrajin bedug pemula.

Bedug sendiri merupakan perangkat musik tradisional, yang dimainkan dengan metode dipukul. Bedug umumnya mengiringi tari-tarian, lagu, dan alunan melodi musik. Bagi umat Islam, bedug diterapkan sebagai sarana untuk menandai waktu salat sudah tiba/

Cara Pembuatan Bedug dari Kulit Hewan

Cara pembuatan bedug. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/ Haddad Azfa
Cara pembuatan bedug. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/ Haddad Azfa

Dikutip dari buku Pengabdian Kulit Sapi, Jumarding dkk (2023: 39), kulit sapi memiliki nilai ekonomis.Hal ini merujuk pada kepentingan atau manfaat yang diberikan oleh suatu barang, jasa, atau sumber daya dalam konteks ekonomi.

Sejak dulu, bedug diproduksi untuk keperluan masjid-masjid di seluruh indonesia. Ukuran bedug pun ada banyak serta dilengkapi dengan kaligrafi nama mesjid yang tertera disamping kanan dan kiri bedug.

Kerja pembuatan bedug tergolong rumit. Berikut cara pembuatan bedug dari kulit sapi maupun kulit kerbau.

  1. Pertama harus menyiapkan kulit binatang sebagai bahan dasar bedug, jika ingin ukuran bedug besar memakai kulit kerbau ataupun sapi.

  2. Kemudian kulit kerbau ataupun sapi di jemur hingga kering, sesudah kering, buku yang terdapat di kulit di rontokkan dengan dikerok menggunakan pisau yang tajam.

  3. Kemudian dihaluskan dengan mesin penghalus agar nanti suaranya baik dan keras.

  4. Bahan dasar lain yang paling penting yaitu kayu, agar menghasilakn bunyi yang baik dan nyaring, umumnya memakai kayu yang keras seperti kayu jati dan diameternya sekitar 80 cm tergantung ukuran bedugnya.

  5. Kemudian kayu di haluskan dan tengahya di lubangi.

  6. Bahan lainnya yaitu kayu untuk penopang bedug. Penopang bedug bisa menggunakan kayu apa saja yang penting bisa menyangga bedug.

  7. Sesudah seluruh bahan disiapkan, langkah berikutnya yaitu proses pemasangannya. Untuk pemasangan kulit haruslah benar-benar kencang dan tidak kendor di semua sisinya agar suaranya baik.

  8. Bisa di tancap dengan kayu ataupun di jepit dengan besi yang dibuat melingkar untuk mengunci kulit kerbau ataupun sapi tersebut.

  9. Terakhir pewarnaan. Untuk pewarnaan umumnya memakai plitur kayu agar warnanya alami.

  10. Kemudian diberi pengkilap, lalu di jemur dan siap untuk di rangkai dan digunakan.

Baca juga: Mengenal Kesenian Rampak Bedug dari Provinsi Banten

Demikianlah cara pembuatan bedug dari kulit sapi maupun kulit kerbau yang perlu diketahui masyarakat. Semoga bisa membantu siapapun yang membutuhkannya. (Gin)

Media files:
01hh9xn8n8mtjqhcdcp6jd2jb4.png (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar