Search This Blog

Pengertian, Sinonim, dan Antonim Klimaks menurut KBBI

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian, Sinonim, dan Antonim Klimaks menurut KBBI
Jul 9th 2023, 18:01, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Antonim Klimaks. (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi Antonim Klimaks. (Sumber: Pixabay)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti klimaks adalah puncak dari suatu hal, kejadian, keadaan, dan sebagainya yang berkembang secara berangsur-angsur. Klimaks juga dapat diartikan sebagai keadaan memuncak, keadaan paling gawat dalam suatu proses perkembangan penyakit, atau tingkat terakhir pertumbuhan tanaman di suatu tempat.

Kata klimaks memiliki arti yang berbeda dengan konflik. Namun, keduanya merupakan hal yang sangat penting dalam struktur alur cerita suatu hal.

Apa itu Klimak dalam Bahasa Indonesia?

Ilustrasi Antonim Klimaks. (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi Antonim Klimaks. (Sumber: Pixabay)

Seringkali bahasa Indonesia menjadi pembelajaran dengan momok yang menakutkan bagi para siswa. Hal ini dikarenakan bahasa Indonesia seringkali dikaitkan dengan aturan yang mengikat.

Selain itu, beberapa siswa juga memiliki kosakata yang sangat sedikit. Hal tersebut dapat menjadi hambatan bagi siswa untuk menulis atau berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Sebelumnya artikel ini telah menjelaskan bahwa baik klimak maupun konflik, keduanya merupakan hal yang penting dalam sebuah alur cerita. Klimaks hanya dimungkinkan ada dan terjadi apabila konflik itu ada. Namun, tidak semua konflik harus mencapai klimaks.

Dikutip dari buku Teori Pengkajian Fiksi yang ditulis oleh Burhan Nurgiyantoro (2013: 184), klimaks merupakan keadaan ketika konflik telah mencapai tingkat intensitas tertinggi dan saat itu merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari terjadinya. Arti klimaks adalah peristiwa dan saat itu memang harus terjadi berdasarkan tuntutan dan kelogisan cerita. Berikut adalah contoh penggunaan kata klimaks dalam sebuah kalimat:

  • Peringatan Hari Sumpah Pemuda akan diakhiri dengan suatu kegiatan pada akhir bulan Oktober.

  • Cerita tersebut ditutup dengan klimaks yang begitu menegangkan.

  • Klimaks pertunjukan sandiwara tiga babak itu sangat memukau penonton.

Sinonim klimak adalah puncak, kulminasi, atau top yang berarti bagian yang di atas sekali (tentang gunung, menara, pohon, dan sebagainya), teratas, atau tersangat. Sementara antonim klimaks adalah terbawah atau antiklimaks.

Baca juga: Pengertian dan Antonim Loyalitas dalam Bahasa Indonesia

Demikian penjelasan mengenai pengertian klimaks adalah puncak dari suatu hal, kejadian, keadaan, dan sebagainya yang berkembang secara berangsur-angsur. Semoga informasi di atas dapat menambah perbendaharaan kata! (CHL)

Media files:
01h4wrjxhradzny8kvvwrwh9sz.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar