Search This Blog

Cara Mengurangi Sakit Kontraksi Melahirkan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Cara Mengurangi Sakit Kontraksi Melahirkan
Jul 9th 2023, 18:01, by Eka Nurjanah, kumparanMOM

Cara Mengurangi Sakit Kontraksi Melahirkan. Foto: Shutterstock
Cara Mengurangi Sakit Kontraksi Melahirkan. Foto: Shutterstock

Salah satu tanda yang akan dirasakan para ibu menjelang persalinan ialah rasa nyeri di bagian perut dan sekitarnya. Tapi, tahukah Anda kalau rasa nyeri menjelang dan selama persalinan itu bisa diatasi?

Profesor Kebidanan di Universitas McMaster, Kanada Helen McDonald mengatakan, bagi perempuan atau calon ibu yang khawatir terhadap rasa sakit tersebut adalah hal normal.

"Ada banyak cara untuk membuatnya lebih dapat ditoleransi dan tidak terlalu menakutkan," ujarnya dikutip Todays Parent.

Helen menyebut, para calon ibu tidak boleh meremehkan kekuatan teknik koping tanpa obat. Teknik koping atau coping mechanism adalah strategi untuk menghadapi situasi yang menyebabkan stres atau trauma psikologis.

"Strategi-strategi semacam ini bukan hanya cerita para istri tua; mereka juga didukung oleh pemahaman ilmiah modern dan pengalaman klinis," ujar Helen.

Dukungan untuk Ibu

Penelitian menunjukkan bahwa dukungan emosional yang ideal bisa membantu perempuan mengatasi rasa sakit. Dengan begitu, calon ibu bisa meminimalisir penggunaan obat.

"Kehadiran yang terus-menerus, kenyamanan, dan kepastian akan membuat wanita melewati situasi yang paling sulit sekalipun," kata Helen.

Mary Sharpe, direktur program pendidikan kebidanan di Ryerson University di Toronto, setuju dengan pendapat Helen. Ia menyebut perempuan butuh rasa aman untuk melakukan banyak hal dengan nyaman.

"Wanita perlu merasa aman dan didukung oleh orang-orang di sekitar mereka untuk melakukan apa pun yang perlu mereka lakukan untuk mengatasinya," ujar Mary.

Ilustrasi saat kontraksi. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi saat kontraksi. Foto: Shutter Stock

Terus Bergerak

Tayangan di televisi, film, hingga media sosial sering kali mempertontonkan perempuan tertidur di ranjang rumah sakit ketika merasa akan melahirkan. Padahal seharusnya tak seperti itu.

Penelitian telah membuktikan bahwa rebahan bukanlah posisi ideal untuk memperlancar persalinan. Posisi tiduran di ranjang rumah sakit juga tak memberikan perempuan kebebasan untuk bergerak demi mengatasi rasa sakit.

Beberapa perempuan menganggap saat menjelang persalinan lebih baik banyak bergerak ketimbang tiduran. Bergerak seperti berjalan, bersandar, bergoyang atau jongkok.

Berendam di Bak

Penelitian menunjukkan bahwa berendam di bak berisi air menjelang persalinan merupakan hal baik. Anda bisa menggunakan bak besar atau kolam yang cukup dalam untuk membuat perut berada di bawah air. Para perempuan yang menggunakan trik ini tetap akan merasakan kontraksi, namun dengan intensitas yang lebih ringan.

Atur Pernapasan

Selama proses persalinan, calon ibu bisa merakan nyeri. Hal itu terkadang membuat mereka mengambil napas dalam-dalam. Mary mengatakan mengatur pernapasan selama proses persalinan merupakan hal baik dan benar. Bahkan mengatur napas bisa membantu persalinan.

Ia menemukan bahwa bernapas masuk melalui hidung dan keluar melalui mulut sambil mengeluarkan suara keras dan rendah (kadang disebut "toning"), cenderung bekerja lebih baik untuk membantu wanita rileks.

Media files:
udkuxcbcvee7kzhnnvyg.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar