Search This Blog

KPU Pastikan Moderator dan Panelis Debat Pilgub Sulut Tak Terafiliasi Calon

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
KPU Pastikan Moderator dan Panelis Debat Pilgub Sulut Tak Terafiliasi Calon
Oct 9th 2024, 16:35, by Tim Manado Bacirita, Manado Bacirita

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara saat melakukan pengundian nomor urut pada Pilkada Sulut 2024.
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara saat melakukan pengundian nomor urut pada Pilkada Sulut 2024.

MANADO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), memastikan seluruh perangkat yang bertugas pada debat perdana Pilgub Sulut, tak terafiliasi dengan pasangan calon yang akan ikut kontestasi Pilkada Sulut 2024.

Komisioner KPU Provinsi Sulut, Awaluddin Umbola, menyebutkan jika pihaknya bisa menjamin jika perangkat debat, baik dari moderator hingga panelis yang ditunjuk, dalam posisi tidak berpihak atau memiliki afiliasi dengan partai tertentu atau calon tertentu.

"Sejauh ini, tak ditemukan adanya tanda-tanda terafiliasi dengan pasangan calon maupun partai politik. Dan itu kami bisa pastikan hingga saat ini," ujar Awaluddin, Rabu (9/10) di Kota Kotamobagu.

Menurut Awaluddin, saat ini KPU lebih berhati-hati dalam menetapkan siapa pun yang terlibat dengan kegiatan debat benar-benar disaring dan telah diperiksa seluruh latar belakangnya.

"Tentunya kami ingin pelaksanaan debat benar-benar sesuai aturan yang ada," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut, Ardiles Mewoh, mengatakan pihaknya juga telah melakukan pengawasan dan penelitian terhadap seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan debat ini.

"Sejauh ini kami belum menemui adanya temuan pelanggaran. Bahkan, bisa dikatakan KPU saat ini sudah benar-benar lebih mempersiapkan diri, sehingga seluruh perangkat dalam debat benar-benar bebas dari afiliasi apa pun," ujar Ardiles kembali.

Debat perdana Pilgub Sulut dilaksanakan KPU di Kota Kotamobagu, Rabu (9/10). Hal ini menjadi yang pertama kali, karena selama ini debat selalu dilaksanakan di Kota Manado.

Media files:
01j9ra35bwej323frmkh9ce6n4.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar