Search This Blog

Zulhas Akui Sedang di Luar Negeri saat Permendag 8 Tahun 2024 Diputuskan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Zulhas Akui Sedang di Luar Negeri saat Permendag 8 Tahun 2024 Diputuskan
Jul 14th 2024, 19:11, by Achmad Ghifari Firdaus, kumparanBISNIS

Mendag Zulhas. Foto: Kemendag
Mendag Zulhas. Foto: Kemendag

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas mengaku bahwa dirinya tidak berada di Indonesia saat pemerintah memutuskan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 8 Tahun 2024 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

Zulhas mengatakan dirinya tidak menghadiri rapat tersebut karena sedang mengikuti Pertemuan ke-30 Menteri Perdagangan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2024 di Peru.

"Untuk Permendag itu dulu saya buat komprehensif, jadi barang-barang yang post border jadi border agar impor kita kendalikan. Tapi kan waktu saya lagi ikut di APEC, lagi bertengkar dengan barat karena produk Indonesia dilarang masuk seperti dipersulit, CPO, dan lain-lain saya bertengkar habis," kata Zulhas di DPP PAN, Minggu (14/7).

Salah satu alasan merevisi Permendag ini adalah karena banyaknya kontainer yang tertahan di pelabuhan Tanjung Priok. Setelah itu langsung diadakan rapat yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

"Saya lagi di sana (Peru), jam 2 pagi ditelepon dari Jakarta, barang-barang di Priok numpuk. Rapatlah di Istana dipimpin Bapak Presiden," ujarnya.

Zulhas mengatakan bahwa rapat tersebut dihadiri oleh Menteri Perindustrian dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Keduanya menjadi bagian yang memutuskan Permendag Nomor 8 Tahun 2024.

"Yang rapat Menteri Perindustrian, Menteri Ekonomi, mereka yang mutusin. Maka jadi Permendag 8, karena butuh rapat kan saya harus buat, jadi permintaannya mereka, bukan permintaan saya," kata Zulhas.

"Permintaan saya permendag 36. Permendag 8 itu permintaan yang dipimpin Presiden, diikuti Menteri Perindustrian, Bu Menteri Keuangan, Menteri Ekonomi. Saya di sana, di Peru sana saya. Permendag 8 itu produk mereka cuma karena ekspor impor, makanya rumahnya di saya," ujarnya.

Media files:
01h7hxgbfzgg00r7echmf2f7q0.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar