Search This Blog

Ronald Tannur Dikeluarkan dari Rutan di Hari yang Sama Usai Divonis Bebas

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Ronald Tannur Dikeluarkan dari Rutan di Hari yang Sama Usai Divonis Bebas
Jul 28th 2024, 00:45, by M Lutfan D, kumparanNEWS

Polisi menghadirkan tersangka kasus dugaan penganiayaan Gregorius Ronald Tannur saat konferensi pers di Polrestabes Surabaya, Jawa Timur, Jumat (6/10/2023).  Foto: Didik Suhartono/ANTARA FOTO
Polisi menghadirkan tersangka kasus dugaan penganiayaan Gregorius Ronald Tannur saat konferensi pers di Polrestabes Surabaya, Jawa Timur, Jumat (6/10/2023). Foto: Didik Suhartono/ANTARA FOTO

Ronald Tannur sudah menghirup udara bebas. Setelah vonis bebas dibacakan oleh majelis hakim PN Surabaya pada 24 Juli 2024 lalu, di hari yang sama dia langsung dikeluarkan dari rutan.

Karutan I Surabaya, Wahyu Hendrajati, menyebut dikeluarkannya Ronald dilakukan usai persyaratan administrasinya dipenuhi oleh pihak Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Surabaya.

"Benar bahwa GRT telah dikeluarkan dari Rutan Surabaya pada tanggal 24 Juli 2024 sekitar pukul 22.00 WIB," ujar Wahyu Hendrajati dalam keterangannya Sabtu (27/7).

Menurut Hendrajati, dikeluarkannya Ronald usai adanya putusan Pengadilan Negeri Surabaya Nomor: 454/Pid.B/2024/PN.Sby Tanggal 24 Juli 2024.

"Dan ada pula Berita Acara Pelaksanaan Penetapan Hakim Kejaksaan Negeri Surabaya berdasarkan Surat Perintah Kepala Kejaksaan Negeri Surabaya Nomor: Print-PDM.424/M.4.10/Eoh.2/07/2024 Tanggal 24 Juli 2024," urainya.

Terdakwa Gregorius Ronald Tannur saat menjalani sidang putusan di PN Surabaya, Rabu (24/7/2024). Foto: Farusma Okta Verdian/kumparan
Terdakwa Gregorius Ronald Tannur saat menjalani sidang putusan di PN Surabaya, Rabu (24/7/2024). Foto: Farusma Okta Verdian/kumparan

Hendrajati menegaskan, dikeluarkannya Ronald oleh petugas rutan hanya menindaklanjuti putusan hakim saja. "Peran kami hanya hanya sebatas memfasilitasi saja, untuk kewenangan eksekusi ada pada jaksa," tegasnya.

Adapun Ronald ini mulai ditahan pada 5 Oktober 2023 di Rumah Tahanan Polrestabes Surabaya. Dia dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Surabaya dan ditahan di Rumah Tahanan Negara Kelas I Surabaya sejak 29 Januari 2024.

Setelah sekitar enam bulan ditahan, Ronald kini dibebaskan. Hal itu imbas vonis bebas yang dijatuhkan oleh majelis hakim atas kasus dugaan pembunuhan terhadap kekasihnya, Dini Sera Afrianti.

Vonis itu disayangkan oleh sejumlah pihak, salah satunya keluarga dari Dini Sera. Mereka mempertanyakan putusan hakim. Begitu juga dari pihak jaksa, yang kemudian secara tegas akan menempuh upaya hukum kasasi atas vonis itu.

Keluara Dini Sera di Sukabumi menunjukkan foto almarhumah.  Foto: Dok. Istimewa
Keluara Dini Sera di Sukabumi menunjukkan foto almarhumah. Foto: Dok. Istimewa

Tiga hakim yang mengadili kasus tersebut yakni: Hakim Ketua Erintuah Damanik dengan anggota Heru Hanindyo dan Mangapul. Komisi Yudisial Republik Indonesia (KY RI) siap menurunkan tim investigasi terkait putusan hakim itu.

Media files:
01hc264c34ng88sh7h7vavgsh6.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts