Search This Blog

Doa Ketenangan Hati agar Terhindar dari Rasa Cemas

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Doa Ketenangan Hati agar Terhindar dari Rasa Cemas
Jul 14th 2024, 22:37, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Doa Ketenangan Hati, sumber: unsplash/IkhfarAkher
Ilustrasi Doa Ketenangan Hati, sumber: unsplash/IkhfarAkher

Saat sedang cemas atau gelisah, setiap muslim perlu membaca doa ketenangan hati. Berdoa memang menjadi hal yang perlu dilakukan di segala situasi dan kondisi. Hal ini juga berlaku ketika hati sedang berkecamuk karena masalah tertentu.

Sejatinya, Allah Swt. adalah pemberi solusi di setiap permasalahan. Hal yang terpenting adalah menenangkan diri terlebih dahulu dan menyerahkan segala urusan kepada Allah Swt.

Doa Ketenangan Hati

Ilustrasi Doa Ketenangan Hati, sumber: unsplash/IfrahAkhter
Ilustrasi Doa Ketenangan Hati, sumber: unsplash/IfrahAkhter

Umat muslim meminta sesuatu kepada Allah Swt. dengan cara berdoa. Mengutip buku Panduan Lengkap Doa untuk Muslimah oleh Fathuri Ahza (2021), berdoa dapat menjadi penenang hati saat sedang mengalami rasa gelisah.

Doa bisa diamalkan kapan saja dan di mana saja. Namun, anjuran dalam Islam adalah berdoa di waktu-waktu mustajabah agar segera terkabulkan. Adapun bacaan doa ketenangan hati agar terhindar dari rasa cemas yakni sebagai berikut:

1. Doa Memohon Ketenangan Hati di Dunia dan Akhirat

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

Latin: Allahumma inni a'udzu bika minal 'ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a'udzu bika min 'adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian."

2. Doa Memohon Ketenangan Hati dari Segala Masalah

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ (رواه البخاري)

Latin: Allahumma innī a'ūdzu bika minal hammi wal ḥazan wal 'ajzi wal kasal wal bukhli wal jubni wa dhala'id daini wa ghalabatir rijāl.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya hamba berlindung kepada-Mu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemas dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang, dan penindasan orang."

3. Doa Memohon Ketenangan Hati dengan Afirmasi Positif

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّماَوَاتِ، وَرَبُّ اْلأَرْضِ، وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيْمِ

Latin: Laa ilaaha illallahul 'adziim al haliim laa ilaaha illallah rabbul 'arsyil 'azhiim, laa ilaaha illallah rabbus samaawati wa rabbul ardli wa rabbul arsyil kariim

Artinya: "Tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Yang Maha Agung lagi Maha Penyantun. Tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb (Pemilik) 'Arsy yang agung. Tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb langit dan juga Rabb bumi, serta Rabb pemilik 'Arsy yang mulia."

4. Doa Memohon Ketenangan Hati dengan Pujian kepada Allah

لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Latin: La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin.

Artinya: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."

Baca juga: Bacaan Doa Dijauhkan dari Masalah untuk Umat Muslim

Doa ketenangan hati yang disebutkan di atas perlu diamalkan saat cemas atau gelisah. Dengan begitu, diharapkan hati bisa jauh lebih tenang dan damai. (DLA)

Media files:
01j2r4wx52evzvggr512tfeht6.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar