Search This Blog

Bacaan Niat Sholat Jumat dan Sunnahnya untuk Umat Islam

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Bacaan Niat Sholat Jumat dan Sunnahnya untuk Umat Islam
Jul 14th 2024, 17:50, by Berita Terkini, Berita Terkini

Bacaan niat sholat jumat dan sunnahnya. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Chattrapal (Shitij)  Singh
Bacaan niat sholat jumat dan sunnahnya. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Chattrapal (Shitij) Singh

Salat Jumat merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Setiap laki-laki diwajibkan untuk melaksanakan salat ini secara berjamaah di masjid. Oleh karena itu sebagai muslim, tentu harus tahu bacaan niat sholat Jumat dan sunnahnya.

Selain melaksanakan salat Jumat, terdapat beberapa sunah yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum salat Jumat dimulai. Mulai dari rumah sebelum berangkat hingga berada di masjid untuk melaksanakan salat, semua ada sunahnya.

Bacaan Niat Sholat Jumat dan Sunnahnya yang Patut Dikerjakan

Bacaan niat sholat jumat dan sunnahnya. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Kafeel Ahmed
Bacaan niat sholat jumat dan sunnahnya. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Kafeel Ahmed

Mengutip dari Buku Panduan Khutbah Jum'at untuk Pemula, Irfan Maulana, (2021), hari Jumat merupakan hari yang istimewa, buktinya bahkan mandi hari Jumat mengandung unsur ibadah.

Selain itu di hari itu, umat muslim laki-laki diwajibkan untuk salat Jumat. Adapun bacaan niat sholat Jumat dan sunnahnya adalah sebagai berikut.

1. Niat Salat Jumat untuk Makmum

Arab: اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Latin: Ushollii fardhol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala.

Artinya: Aku berniat salat Jumat dua rakaat, menghadap kiblat, sebagai makmum, karena Allah ta'ala.

2. Niat Salat Jumat untuk Imam

Arab: أُصَلِّي فَرْضَ الْجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً إِمَامًا لِلهِ تَعَالَى

Latin: Usholli fardhol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imamal lillahi ta'ala.

Artinya: Aku berniat salat Jumat dua rakaat, menghadap kiblat, sebagai imam, karena Allah ta'ala.

3. Sunah Salat Jumat

Salat Jumat adalah salah satu ibadah yang memiliki beberapa sunah yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum pelaksanaannya. Berikut adalah enam sunah salat Jumat yang dapat dilakukan oleh umat Islam:

1. Mandi Sunah

Sebelum pergi ke masjid untuk melaksanakan salat Jumat, dianjurkan untuk mandi sunah. Hal ini berdasarkan hadis dari Rasulullah yang menganjurkan umatnya untuk mandi sebelum salat Jumat agar lebih bersih dan suci.

2. Bersiwak

Bersiwak atau membersihkan gigi sebelum salat Jumat adalah sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah. Bersiwak tidak hanya menjaga kebersihan mulut, tetapi juga sebagai persiapan untuk beribadah dengan lebih baik.

3. Memakai Pakaian Terbaik

Sebelum pergi ke masjid, dianjurkan untuk memakai pakaian yang bersih, rapi, dan diutamakan berwarna putih. Rasulullah mengajarkan agar umatnya tampil dalam keadaan yang terbaik saat melaksanakan ibadah.

4. Menggunakan Wangi-wangian

Rasulullah menganjurkan penggunaan wangi-wangian seperti parfum sebelum melaksanakan salat Jumat. Hal ini tidak hanya untuk menjaga kebersihan tubuh, tetapi juga memberikan kesegaran saat menjalankan ibadah.

5. Memotong Kuku dan Kumis

Sunah lainnya adalah memotong kuku dan mencukur kumis sebelum salat Jumat. Hal ini merupakan bagian dari upaya menjaga kebersihan dan tampilan yang baik dalam ibadah.

6. Salat Tahiyatul Masjid

Sebelum duduk menunggu khutbah salat Jumat, dianjurkan untuk melakukan salat sunah dua rakaat yang disebut salat Tahiyatul Masjid.

Baca juga: Perbedaan Khutbah Jumat dengan Dakwah menurut Islam

Dengan melaksanakan bacaan niat sholat Jumat dan sunnahnya tersebut, seorang muslim tidak hanya memenuhi kewajibannya, tetapi juga meneladani kebersihan dan kedisiplinan yang diajarkan oleh Rasulullah saw. (RIZ)

Media files:
01j2r5hc8z07bhfgm9atkjkzr1.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar