Search This Blog

Dirjen Imigrasi soal Layanan Pulih Usai PDN Diserang: Kita Veteran Perang Siber

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Dirjen Imigrasi soal Layanan Pulih Usai PDN Diserang: Kita Veteran Perang Siber
Jun 28th 2024, 21:02, by Wisnu Prasetiyo, kumparanNEWS

Dirjen Imigrasi, Silmy Karim dalam konferensi pers terkait Upaya Pemulihan Pelayanan Keimigrasian, dampak Server PDN Kominfo Down di Penang Bistro, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (28/6).  Foto: Fadlan Nuril Fahmi/kumparan
Dirjen Imigrasi, Silmy Karim dalam konferensi pers terkait Upaya Pemulihan Pelayanan Keimigrasian, dampak Server PDN Kominfo Down di Penang Bistro, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (28/6). Foto: Fadlan Nuril Fahmi/kumparan

Dirjen Imigrasi Silmy Karim mengungkap recovery data akibat Pusat Data Nasional Sementara (PDSN) diserang ransomware sudah 100 persen.

"Itu yang saya bilang hikmat. Dan ini pun yang paling cepat di antara yang lain. Kita ibaratnya ini veteran perang siber," kata Silmy kepada wartawan di Penang Bistro, Jakarta Selatan, Jumat (28/6).

Imigrasi menjadi salah satu kementerian/lembaga yang paling awal terdeteksi terdampak ransomware. Layanan paspor di sejumlah bandara terganggu pada 20 Juni 2024.

Silmy menegaskan, pihaknya memang punya backup data center. Sehingga data-data masyarakat aman.

"Kalau kita tanya backup, ya memang biasanya data center yang menyiapkan backup, yang mirror. Mirror itu artinya real time, persis. Kalau yang kita punya di Pusdakin, saya ulangi tadi bukan sim, Pusdakin, pusat data keimigrasian," tutur dia.

"Itu memang kita siapkan, kita punya, tetapi ada lag waktu, tidak mirror. Itulah yang kita pakai. Jadi ada, tetapi tidak mirror," imbuh dia.

Kini seluruh layanan Imigrasi sudah full recovery. Termasuk 21 aplikasi terkait visa hingga paspor.

Namun ke depan, Silmy menegaskan evaluasi juga tetap dilakukan.

"Nah ini ke depan, kita siapkan mirror. Sehingga nantinya, ketika ada serangan siber, hanya membutuhkan maksimum 1 jam. Kalau kemarin kan 2 hari," tutup dia.

Media files:
01j1fbs8mk9ny0xgny64srbptv.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar