Search This Blog

Makna Perjuangan Kartini bagi Emansipasi Perempuan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Makna Perjuangan Kartini bagi Emansipasi Perempuan
Apr 20th 2024, 21:01, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi untuk makna perjuangan Kartini. Sumber: unsplash.com/Camille Bismonte
Ilustrasi untuk makna perjuangan Kartini. Sumber: unsplash.com/Camille Bismonte

Salah satu makna perjuangan Kartini adalah perjuangan mencapai kesetaraan bagi kaum perempuan di Indonesia. Pemikiran dan perjuangan Ibu Kartini diperingati sebagai tonggak emansipasi bagi kaum perempuan.

21 April adalah hari lahir R.A. Kartini yang kemudian ditetapkan menjadi peringatan Hari Kartini. Penetapan Hari Kartini memiliki banyak makna dan pesan bagi perjuangan perempuan di Indonesia.

Makna Perjuangan Kartini

Ilustrasi untuk makna perjuangan Kartini. Sumber: pexels.com/RF Studio
Ilustrasi untuk makna perjuangan Kartini. Sumber: pexels.com/RF Studio

Menurut buku Menjadi Kartini Masa Kini oleh Devandrea Darmadita, dkk (2022: 5), penetapan Hari Kartini dilakukan setiap tanggal 21 April dilakukan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964 pada tanggal 2 Mei 1064. Penetapan ini dilakukan untuk menghormati dan mengingat jasa serta perjuangan Raden Ajeng Kartini.

Sosok Kartini sangat penting bagi perjuangan emansipasi perempuan di Indonesia. Jasanya mendorong kesetaraan bagi kaum perempuan. Kaum perempuan saat ini dapat menempuh pendidikan setinggi-tingginya, berpartisipasi dalam pemerintahan, dan memiliki kedudukan yang setara dengan kaum laki-laki dalam pekerjaan.

Makna perjuangan Kartini adalah sebagai tonggak emansipasi bagi perempuan. Kesetaraan dan emansipasi adalah dua kata dengan makna yang berbeda. Emansipasi bermakna bentuk pemberian hak bagi perempuan untuk mengembangkan diri dan bebas dari segala tekanan agar dapat berkontribusi dengan setara dalam pembangunan negara.

Emansipasi juga dipahami sebagai memberikan hak yang sepatutnya diberikan kepada orang atau sekumpulan orang yang sebelumnya hak tersebut dirampas atau diabaikan dari mereka. Perjuangan R.A. Kartini bertujuan untuk membawa perubahan besar bagi kaum perempuan di Indonesia.

Pada zaman dahulu, pendidikan bagi perempuan adalah suatu hal yang sulit dicapai. Dengan adanya hak pendidikan bagi kaum perempuan, perempuan dapat menuntut ilmu dan mengejar cita-citanya dengan kedudukan yang sama dengan kaum laki-laki.

Perjuangan Kartini juga membuka kesempatan seluas-luasnya bagi kaum perempuan untuk bekerja dan berkarya. Perempuan memiliki banyak pilihan mewujudkan gagasannya dalam membangun negeri.

Namun, perjuangan Ibu Kartini tidak berhenti begitu saja. Makna Hari Kartini salah satunya adalah melanjutkan perjuangan Kartini karena hingga saat ini masih banyak perempuan di Indonesia dalam posisi rentan dan belum dapat mengakses hak-hak dasarnya.

Baca juga: 15 Ucapan Hari Perempuan Internasional 2024

Itulah penjelasan mengenai makna perjuangan Kartini bagi perempuan di Indonesia. Semoga dapat menambah wawasan mengenai peringatan Hari Kartini di Indonesia. (IND)

Media files:
01hvxakbsg1th7w5kq2s8b7zzy.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar