Search This Blog

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Semester 2 Halaman 198 dan Pembahasannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Semester 2 Halaman 198 dan Pembahasannya
Mar 22nd 2024, 21:38, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Kunci Jawaban Ipa Kelas 9 Semester 2 Halaman 198, Foto: Unsplash/seamartini.
Ilustrasi Kunci Jawaban Ipa Kelas 9 Semester 2 Halaman 198, Foto: Unsplash/seamartini.

Mengukur kemampuan dan pemahaman yang dimiliki siswa, bisa melakukan evaluasi belajar. Kunci jawaban IPA kelas 9 semester 2 halaman 198 bisa digunakan sebagai panduan siswa ketika belajar mandiri di rumah.

Kunci jawaban ini juga bisa digunakan orang tua dalam memandu anaknya belajar mandiri di rumah. Sehingga bisa mengetahui kemampuan dan pemahaman anak-anaknya.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Semester 2 Halaman 198

Ilustrasi Kunci Jawaban Ipa Kelas 9 Semester 2 Halaman 198, Foto: Unsplash/rawintanpin.
Ilustrasi Kunci Jawaban Ipa Kelas 9 Semester 2 Halaman 198, Foto: Unsplash/rawintanpin.

Kunci jawaban IPA kelas 9 semester 2 halaman 198 ini membahas mengenai lapisan tanah. Dikutip dari buku BUPELAS Pemetaan Materi dan Bank Soal IPA SMP Kelas 9 karya Tim Maestro Gentra (2020:134), lapisan tanah merupakan sebuah formasi atau susunan yang terbentuk dari beberapa tingkat.

Berikut adalah soal dan kunci jawaban halaman 198:

Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!

1. Perhatikan susunan tanah pada botol berikut ini! Kedua botol itu ditanami tumbuhan dengan jumlah yang sama dan ketersediaan air yang sama.

Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? Uraikan alasanmu!

Jawaban:
Botol A karena susunannya tepat, lapisan teratas merupakan lapisan lempung yang terdiri atas campuran tanah liat, pasir, dan bebatuan sehingga aerasi cukup baik untuk akar tumbuhan.
Tanah lempung juga merupakan tanah yang mampu menahan air dan nutrisi yang cukup untuk tumbuhan.
Lapisan kedua merupakan tanah pasir, yang memiliki ukuran butiran besar sehingga dapat menyediakan udara yang cukup untuk akar tanaman dan menjaga agar akar tidak membusuk.
Lapisan terakhir adalah tanah liat yang memiliki sifat padat, sulit ditembus air sehingga keberadaan air dalam botol dapat terjaga dalam waktu yang cukup lama.
Pada botol B, lapisan teratas adalah tanah liat, dengan karakteristik tanah liat yang sulit ditembus air, akibatnya aerasi untuk akar tanaman kurang baik sehingga memungkinkan akar tanaman busuk.

2. Perhatikan percobaan berikut ini! Ada tiga tabung reaksi yang diisi oleh jenis tanah yang berbeda kemudian diberi air dengan volume yang sama.

Ketiga tabung tersebut dikocok dalam waktu yang sama dengan kekuatan pengocokan yang sama. Setelah itu, ketiga tabung didiamkan pada rak tabung reaksi.

Menurut pendapatmu tabung manakah yang tanahnya paling cepat mengendap? Jelaskan alasanmu!

Jawaban:
Tanah yang paling cepat mengendap adalah tanah pada Tabung A. Tanah pasir memiliki ukuran butiran yang besar sehingga lebih cepat mengendap.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 196: Uji Kompetensi

Demikian pembahasan mengenai kunci jawaban IPA kelas 9 semester 2 halaman 198 tentang lapisan tanah. Jika masih banyak yang salah, maka bisa mencoba untuk mempelajari dan mengerjakannya lagi. (Umi)

Media files:
01hshx0nvr33y97ssmn0wcbafh.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar