Search This Blog

Pengertian Sampah dan Jenis-jenisnya dalam Lingkungan Hidup

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian Sampah dan Jenis-jenisnya dalam Lingkungan Hidup
Jan 27th 2024, 21:15, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Jelaskan Pengertian Sampah. Sumber: Pexels/Julia M Cameron
Ilustrasi Jelaskan Pengertian Sampah. Sumber: Pexels/Julia M Cameron

Jelaskan pengertian sampah! Sampah merupakan kosakata dalam bahasa Indonesia untuk menunjuk atau menyebut barang-barang yang sudah tidak terpakai. Hakikatnya, setiap orang Indonesia sudah memahami maksud kata "sampah".

Namun, tidak sedikit orang Indonesia yang mengalami kesulitan untuk mendeskripsikan pengertian sampah. Secara singkat, kata sampah memiliki arti sebagai bahan sisa hasil kegiatan manusia atau proses alam, contohnya bungkus permen dan daun kering.

Jelaskan Pengertian Sampah!

Ilustrasi Jelaskan Pengertian Sampah. Sumber: Pexels/Polina Tankilevitch
Ilustrasi Jelaskan Pengertian Sampah. Sumber: Pexels/Polina Tankilevitch

Setiap orang Indonesia tentu sudah pernah mendengar, membaca, atau bahkan menggunakan kata "sampah". Kondisi itu dapat terjadi karena sampah merupakan salah satu kosakata baku dalam bahasa Indonesia.

Walaupun demikian, tidak sedikit orang atau pengguna bahasa Indonesia yang merasa bingung untuk menjawab instruksi jelaskan pengertian sampah. Secara umum, kata sampah identik dengan bahan sisa aktivitas manusia, misalnya sampah bungkus makanan.

Padahal kenyataannya sampah tidak hanya merujuk pada sisa aktivitas manusia. Sampah juga dapat merujuk pada sisa aktivitas alam.

Dikutip dari buku Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SD/MI Kelas 6, Suherneti, dkk. (2009: 59), sampah adalah bahan-bahan yang dibuang, baik sengaja maupun tidak sengaja yang berasal dari proses alam atau hasil kegiatan manusia yang belum terolah sehingga belum memiliki nilai manfaat.

Berdasarkan pengertian tersebut, diketahui bahwa sampah merupakan bahan-bahan yang dibuang dan belum terolah kembali. Bahan-bahan tersebut berasal dari hasil kegiatan manusia atau proses alam, contohnya:

  • Sampah daun kering yang merupakan proses alam.

  • Sampah ranting pohon yang merupakan proses alam.

  • Sampah kulit buah yang merupakan hasil kegiatan manusia (makan).

  • Sampah potongan kayu yang merupakan hasil kegiatan manusia (sisa ukiran atau bangunan).

Jenis-jenisnya dalam Lingkungan Hidup

Ilustrasi Jelaskan Pengertian Sampah. Sumber: Pexels/Vlad Vasnetsov
Ilustrasi Jelaskan Pengertian Sampah. Sumber: Pexels/Vlad Vasnetsov

Setelah mengetahui pengertian sampah, sekarang adalah saat untuk mengetahui jenis-jenisnya. Faktanya, sampah yang ada di lingkungan hidup memiliki tiga jenis umum yang meliputi sampah organik, sampah anorganik, serta limbah khusus.

Mengutip dari buku yang sama, Suherneti, dkk. (2009: 59), berikut adalah tiga jenis sampah yang terdapat di lingkungan hidup.

1. Sampah Organik

Sampah organik atau sampah basah adalah bahan-bahan buangan yang berasal dari sisa makhluk hidup. Sampah jenis organik mudah membusuk dan dapat diuraikan oleh alam. Contohnya, sisa makanan, kotoran hewan, buah busuk, atau sayuran.

2. Sampah Anorganik

Sampah anorganik atau sampah kering adalah bahan-bahan buangan yang berasal dari hasil industri. Sampah jenis organik sulit diuraikan oleh alam, seperti besi, plastik, aluminium, dan kaca.

3. Limbah Khusus

Limbah khusus adalah bahan-bahan buangan yang berbahaya (beracun dan mudah meledak). Limbah tersebut umumnya membutuhkan penanganan khusus sebelum dibuang, contohnya limbah pabrik, limbah bahan kimia, dan sisa pestisida.

Baca juga: 6 Cara Mudah untuk Pengelolaan Sampah di Sekitarmu

Jadi, jawaban dari jelaskan pengertian sampah adalah bahan buangan hasil kegiatan manusia atau proses alam. Contoh bahan buangan hasil kegiatan manusia, yaitu bungkus makanan. Selain itu, contoh bahan buangan proses alam, yaitu daun kering. (AA)

Media files:
01hn50bgc3tm44vh3c0h44tepc.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar