Search This Blog

Jenis-Jenis Ragam Hias Nusantara dan Contohnya dalam Kehidupan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jenis-Jenis Ragam Hias Nusantara dan Contohnya dalam Kehidupan
Jan 6th 2024, 19:10, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Jenis-Jenis Ragam Hias Nusantara. Sumber: Pexels/John Bastian
Ilustrasi Jenis-Jenis Ragam Hias Nusantara. Sumber: Pexels/John Bastian

Indonesia sebagai negara yang kaya dengan seni dan budaya mempunyai banyak jenis ragam hias. Jenis-jenis ragam hias Nusantara umumnya merupakan bentuk dari berbagai macam benda yang ada di kehidupan, baik itu benda hidup maupun benda mati.

Salah satu contoh adalah ragam hias flora atau tumbuhan. Ragam hias tersebut merupakan bentuk yang terinspirasi dari bagian-bagian tumbuhan, seperti daun, bunga, buah, batang, akar, dahan, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Ragam Hias Nusantara

Ilustrasi Jenis-Jenis Ragam Hias Nusantara. Sumber: Pexels/Tamanna Rumee
Ilustrasi Jenis-Jenis Ragam Hias Nusantara. Sumber: Pexels/Tamanna Rumee

Ragam hias merupakan unsur yang melekat dengan pembahasan tentang seni. Hal itu dapat terjadi karena ragam hias adalah ornamen yang menjadi unsur penting dalam setiap karya seni, terlebih khusus dalam karya seni rupa.

Dikutip dari buku Ragam Hias Bangunan Keraton Surakarta, Widayat (2017: 4) ragam hias adalah macam atau jenis hiasan. Selain itu, ragam hias juga dapat diartikan sebagai ornamen berupa bentuk indah yang ditambahkan atau sengaja diciptakan sebagai hiasan.

Indonesia sebagai negeri yang kaya dengan seni serta budaya memiliki banyak macam ragam hias. Dikutip dari buku Seni Budaya untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas, Sulastianto, dkk. (2007: 20), berikut adalah jenis-jenis ragam hias Nusantara.

1. Ragam Hias Flora atau Tumbuhan

Ragam hias flora atau tumbuhan memiliki bentuk berupa bagian daun, bunga, buah, batang, dahan, sulur, atau akar yang digayakan.

2. Ragam Hias Fauna atau Hewan

Ragam hias fauna atau hewan memiliki bentuk berupa jenis hewan darat, air, amfibi, atau binatang mitologi.

3. Ragam Hias Manusia

Selain flora dan fauna, manusia juga kerap menjadi motif hias pada berbagai benda seni.

4. Ragam Hias Geometris

Ragam hias geometris dibuat berdasarkan ilmu ukur yang memanfaatkan garis lurus, lengkung, atau gabungan garis lurus dan lengkung dengan pola tertentu.

5. Ragam Hias Kaligrafi

Ragam hias kaligrafi merupakan motif yang dipengaruhi oleh seni Islam. Ragam hias tersebut dapat ditemukan pada senjata atau bangunan.

6. Ragam Hias Lainnya

Ragam hias lainnya adalah ragam hias yang tidak termasuk tumbuhan, hewan, geometris, dan kaligrafi. Ragam hias tersebut biasanya berupa benda, seperti perahu atau lidah api.

Contoh Ragam Hias Nusantara

Ilustrasi Jenis-Jenis Ragam Hias Nusantara. Sumber: Pexels/Polina Kovaleva
Ilustrasi Jenis-Jenis Ragam Hias Nusantara. Sumber: Pexels/Polina Kovaleva

Keberadaan ragam hias Nusantara dapat terlihat dalam berbagai macam benda atau kerajinan. Guna mengenal ragam hias Nusantara secara lebih jelas, berikut adalah contohnya yang terdapat dalam kehidupan manusia.

1. Ragam Hias Flora

Ragam hias flora terdapat di berbagai jenis benda sehari-hari, misalnya batik, keramik, bordir, serta ukiran-ukiran kayu.

2. Ragam Hias Fauna

Serupa dengan ragam hias flora, ragam hias fauna juga dapat ditemukan pada banyak benda sehari-hari, seperti batik, lukisan, ukiran kayu, dan bordir.

3. Ragam Hias Manusia

Ragam hias manusia dapat terlihat jelas dengan beberapa karya seni yang menggambarkan manusia, seperti wayang kulit, wayang golek, serta topeng.

4. Ragam Hias Geometris

Ragam hias geometris dapat terlihat jelas pada batik. Salah satu contoh adalah ragam hias tumpal yang merupakan motif pada bagian tepi kain batik pesisir.

5. Ragam Hias Kaligrafi

Ragam hias kaligrafi dapat terlihat dari kain batik khas Bengkulu, yakni kain batik Besurek. Besurek artinya tulisan atau bersurat. Kain Besurek sangat terkenal dengan motif tulisan kaligrafi Arab.

6. Ragam Hias Lainnya

Ragam hias lain seperti lidah api dan perahu juga banyak ditemukan dalam kain batik maupun ukiran kayu.

Baca juga: Alasan Mengapa Setiap Daerah Memiliki Corak Ragam Hias yang Berbeda

Berdasarkan ulasan di atas, diketahui bahwa jenis-jenis ragam hias Nusantara umumnya terinspirasi dari berbagai macam benda dalam kehidupan. Benda tersebut dapat berupa benda hidup (manusia, hewan, dan tumbuhan) atau benda mati seperti bentuk geometris. (AA)

Media files:
01hkf41b8v7eg6tjn3kyw6xmkr.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts