Search This Blog

Miliarder Pemilik Klub Fulham, Mohamed Al Fayed, Meninggal Dunia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Miliarder Pemilik Klub Fulham, Mohamed Al Fayed, Meninggal Dunia
Sep 2nd 2023, 23:42, by Wendiyanto Saputro, kumparanBISNIS

Miliarder Dodi Al Fayed. Foto: Reuters
Miliarder Dodi Al Fayed. Foto: Reuters

Miliarder Mohamed Al Fayed meninggal dunia dalam usia 94 tahun atau hampir seabad. Nama Mohamed Al Fayed pernah jadi sorotan, ketika putranya Dodi Al Fayed tewas bersama Putri Diana dari Kerajaan Inggris, dalam kecelakaan mobil di Paris, Prancis.

Hingga meninggalnya, Mohamed Al Fayed ditaksir punya kekayaan USD 2 miliar atau sekitar Rp 30 triliun. Kekayaan sebesar itu bersumber dari bisnis konstruksi, properti, perkapalan. Bisnis-bisnis Al Fayed tersebar di Timur Tengah dan sejumlah negara Eropa.

Dia dikenal sebagai pemilik department store ternama, Harrods. Al Fayed juga merupakan pemilik kesebelasan Liga Primer Inggris yakni Fulham, serta pengendali di Ritz Carlton Hotel Paris.

Lahir di Alexandria, Mesir, Mohamed Al Fayed lebih banyak tinggal di Eropa, seperti Inggris dan Prancis. Tapi Inggris menolak memberi kewarganegaraan kepada Al Fayed. Hal itu diduga karena hubungan gelap putranya yakni Dodi Al Fayed dengan Putri Diana.

Miliarder Mohamed Al Fayed. Foto: Reuters
Miliarder Mohamed Al Fayed. Foto: Reuters

Saat itu Putri Diana merupakan istri Pangeran Charles, pewaris tahta Kerajaan Inggris. Saat hubungan mereka tercium media, diketahui perkawinan Pangeran Charles dan Putri Diana sudah tak lagi harmonis.

Hubungan Dodi Al Fayed dan Putri Diana berakhir tragis, ketika mereka berdua tewas dalam kecelakaan mobil di jembatan Alma, Paris, Prancis, pada 31 Agustus 1997. Terkait penyebab kecelakaan itu, Mohamed Al Fayed menduga sebagai hasil konspirasi Kerajaan Inggris.

Berbeda dengan Inggris yang sinis terhadap Mohamed Al Fayed, Prancis justru menganugerahkan Bintang Kehormatan Legiun buatnya. Penghargaan itu sendiri merupakan yang tertinggi buat masyarakat sipil, yang diberikan Pemerintah Prancis.

Dilansir Reuters, Sabtu (2/9), Mohamed Al Fayed meninggal pada Rabu (30/8). Tak dijelaskan penyebab kematiannya, namun disebut karena usia tua.

"Nyonya Mohamed Al Fayed, anak-anak dan cucu-cucunya menyatakan bahwa suami tercinta, ayah dan kakek mereka, telah meninggal dunia dengan damai karena usia tua," demikian bunyi pernyataan keluarga.

Media files:
01h9bc1hc0rrd1sksaf9bh72pk.png (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar