Search This Blog

Alasan Mengapa Kaki Angsa Dilapisi oleh Selaput

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Alasan Mengapa Kaki Angsa Dilapisi oleh Selaput
Sep 9th 2023, 18:03, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Mengapa Kaki Angsa Dilapisi Oleh Selaput, Foto: Unsplash/Kateryna Kolesnyk.
Ilustrasi Mengapa Kaki Angsa Dilapisi Oleh Selaput, Foto: Unsplash/Kateryna Kolesnyk.

Angsa atau yang memiliki nama ilmuh Cygnus ini adalah binatang berwarna putih seperti bebek. Angsa termasuk dalam keluarga unggas air atau anatidae yang memiliki ciri khusus seperti kakinya yang dilapisi selaput. Mengapa kaki angsa dilapisi oleh selaput?

Alasan tersebut berkaitan dengan habitat angsa itu sendiri. Dengan kata lain, selaput yang dimiliki oleh angsa merupakan salah satu bentuk adaptasi.

Alasan Kaki Angsa Dilapisi Selaput

Ilustrasi Mengapa Kaki Angsa Dilapisi Oleh Selaput, Foto: Unsplash/Bigpra.
Ilustrasi Mengapa Kaki Angsa Dilapisi Oleh Selaput, Foto: Unsplash/Bigpra.

Angsa mencari makanan di air dan di daratan, angsa termasuk hewan herbivora tapi terkadang mereka memakan beberapa hewan air kecil.

Cara mendapatkan makanannya dengan menyaring air dari akar-akar, batang dan daun tanaman air. Makanan untuk angsa yang biasa diberikan oleh peternak adalah campuran dedak, konsentrat serta jagung giling.

Angsa memiliki ciri-ciri tubuh yaitu kakinya dilapisi oleh selaput. Mengapa kaki angsa dilapisi oleh selaput? Hal ini disebabkan oleh adanya adaptasi morfologi merupakan penyesuaian bentuk tubuh makhluk hidup atau alat-alat tubuhnya agar mampu bertahan hidup pada lingkungannya.

Fungsi selaput pada kaki angsa adalah untuk memudahkan angsa berenang saat berada di perairan dan juga memudahkan angsa berjalan saat berada di tempat yang berlumpur.

Dikutip dari buku Fisiologi Hewan karya Wiwi Isnaeni (2019), berikut beberapa manfaat kaki angsa yang dilapisi selaput:

  1. Kaki angsa dilapisi selaput untuk membantu mereka berjalan di pantai dan tanah

  2. Kaki angsa dilapisi selaput untuk membantu mereka bergerak dengan mudah di dalam air. Selaput ini membantu mengurangi hambatan air saat mereka berenang

  3. Kaki angsa dilapisi selaput untuk mendorong air lebih efisien agar mereka dapat berenang lebih cepat dan sedikit usaha. Ini termasuk kelebihan penting saat mereka mencari makanan di dalam air atau melarikan diri dari predator

  4. Kaki angsa dilapisi selaput untuk memberikan isolasi panas, membantu menghindari kehilangan panas tubuh saat mereka berenang di air yang dingin sekaligus menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

Baca Juga: Mengenal Ciri-Ciri Protista Mirip Hewan dalam Pembelajaran Biologi

Itulah jawaban soal mengapa kaki angsa dilapisi oleh selaput. Kesimpulannya, jenis kaki ini merupakan hasil adaptasi morfologi terhadap lingkungannya. (Umi)

Media files:
01h9vmzj43has8kefc5d6kwgxv.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar