Search This Blog

Pengertian Frustasi beserta Penyebab dan Cara Mengatasinya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian Frustasi beserta Penyebab dan Cara Mengatasinya
Jul 9th 2023, 17:42, by Berita Terkini, Berita Terkini

Frustasi adalah. Sumber: pexels.com
Frustasi adalah. Sumber: pexels.com

Frustasi adalah salah satu istilah yang kerap kali digunakan dalam berbagai situasi dan kondisi. Menariknya, istilah ini juga berkaitan erat dengan kesehatan mental seseorang. Apalagi jika hal tersebut terjadi dalam kurun waktu yang lama.

Oleh karena itulah, sebenarnya seseorang yang mengalami kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Sebaliknya, ia harus segera mencari cara untuk keluar dari kondisi tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatasi frustasi ini?

Penyebab Frustasi dan Cara Mengatasinya

Frustasi adalah. Sumber: pexels.com
Frustasi adalah. Sumber: pexels.com

Mengutip dari Buku Ajar Psikologi Agama, Qudratullah dan Andriyanto (2022), frustasi adalah keadaan batin seseorang yang mengalami ketidakseimbangan dalam jiwa atau suatu perasaan tidak puas karena dorongan yang tidak terpenuhi.

Beberapa penyebabnya antara lain stres di tempat kerja, impian atau tujuan yang tidak tercapai, tidak bisa menemukan solusi dari masalah yang dihadapi, merasa tertekan, kehilangan kepercayaan diri, mudah marah, hingga depresi.

Adapun cara untuk mengatasi frustasi yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kecerdasan Emosi

Kecerdasan emosi merupakan kemampuan untuk memperhatikan dan mengevaluasi dalam diri sendiri maupun orang lain. Salah satu hal yang harus dipelajari dari ini adalah mengatur cara diri sendiri untuk mengekspresikan perasaan.

Menurut sejumlah penelitian, kecerdasan emosi berkaitan erat dengan kemampuan seseorang dalam mengatasi frustasi.

2. Mengalihkan Perhatian pada Hal Lain

Terlalu fokus pada hal-hal tertentu tak jarang memang akan menyebabkan frustasi dan memperkeruh perasaan. Oleh karena itulah, sebaiknya bisa mengalihkan perhatian pada hal lain untuk sementara waktu.

Misalnya, dengan melakukan olahraga, mendengarkan musik, menonton film, ataupun melakukan berbagai kegiatan lainnya yang bersifat kreatif.

3. Mencoba Meditasi

Salah satu cara mudah untuk mengatasi frustasi, yaitu dengan melakukan meditasi. meditasi memang berhubungan dengan perasaan. Sebab, kegiatan ini dapat menciptakan ruang antara pikiran dan emosi ketika menyesuaikan diri dengan kesadaran diri.

Salah satu metode meditasi yang bisa dilakukan adalah meditasi mindfulness yang fokus pada perhatian penuh. Menurut penelitian, jenis meditasi ini terbukti efektif mampu mengurangi stres psikologis, kemarahan, agresi, dan kenegatifan.

4. Berolahraga

Sudah banyak penelitian yang berhasil membuktikan bahwa olahraga menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi frustasi, stres, dan masalah mental lainnya. Hal ini karena aktivitas fisik tersebut mampu mendorong suasana hati menjadi lebih baik.

Jadi, dibandingkan memendam segala perasaan negatif yang sedang dirasakan, sebaiknya lampiaskan dengan melakukan gerakan fisik. Jika merasa sangat frustasi, bisa coba untuk berlari atau melakukan gerakan tinju.

Baca Juga: Listrik Dinamis: Pengertian dan Istilah-Istilahnya

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa frustasi adalah perasaan yang berkaitan dengan amarah dan ketidakpuasan seseorang terhadap sesuatu. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. (Anne)

Media files:
01h4wghk9dr96yqfeykfwn1fbm.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar