Search This Blog

Jawaban Teka-teki MPLS yang Paling Tepat untuk Petunjuk Air Lumpur

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jawaban Teka-teki MPLS yang Paling Tepat untuk Petunjuk Air Lumpur
Jul 9th 2023, 19:19, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Air Lumpur. Sumber: Pexels/Ann H
Ilustrasi Air Lumpur. Sumber: Pexels/Ann H

Air lumpur merupakan salah satu bentuk teka-teki MPLS yang singkat sebab hanya memuat dua kata petunjuk, yakni air dan lumpur. Walaupun petunjuknya singkat, bukan berarti teka-teki tersebut dapat terpecahkan dalam waktu yang singkat juga.

Pasalnya, petunjuk teka-teki yang singkat justru memuat banyak makna sehingga membuat penjawab teka-teki semakin mengalami kesulitan. Namun, penjawab tetap bisa memecahkan teka-teki tersebut jika mengetahui tema permainan dengan baik.

Jawaban Teka-teki MPLS: Air Lumpur

Ilustrasi Air Lumpur. Sumber: Pexels/ROMAN ODINTSOV
Ilustrasi Air Lumpur. Sumber: Pexels/ROMAN ODINTSOV

Salah satu cara menjawab teka-teki MPLS dengan lebih mudah adalah memahami tema permainan tersebut. Pada kegiatan MPLS, teka-teki yang muncul umumnya mempunyai tema seputar makanan, minuman, atau benda keperluan sehari-hari.

Berdasarkan tema umum dari teka-teki MPLS itu, penjawab teka-teki dapat memfokuskan petunjuk air lumpur pada makanan, minuman, atau benda keperluan sehari-hari. Guna mempermudah menjawab teka-teki tersebut, berikut adalah rincian cara berpikirnya.

  1. Teka-teki MPLS biasanya seputar makanan, minuman, atau benda. Jadi, kemungkinan jawaban air lumpur bisa berupa makanan, minuman, atau benda.

  2. Setiap makanan umumnya berbentuk padat atau bisa digenggam sehingga tidak mungkin teka-teki tersebut berupa makanan. Pasalnya, ada kata air dalam petunjuk teka-teki itu.

  3. Kini, ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama, teka-teki itu adalah minuman. Kemungkinan kedua, teka-teki itu adalah benda.

  4. Kata lumpur dalam teka-teki itu dapat memiliki makna bahwa jawaban teka-teki berwarna seperti lumpur atau bertekstur seperti lumpur. Benda sehari-hari jarang yang bertekstur seperti lumpur sehingga maksud teka-teki itu bukan benda.

  5. Kini, ditemukan bahwa kemungkinan jawaban teka-teki tersebut adalah minuman yang warnanya seperti lumpur.

  6. Lumpur biasanya berwarna cokelat dan minuman yang biasanya berwarna cokelat adalah susu. Jadi, jawaban teka-teki air lumpur adalah susu cokelat

Selintas tentang Kegiatan MPLS

Ilustrasi Air Lumpur. Sumber: Pexels/THIS IS ZUN
Ilustrasi Air Lumpur. Sumber: Pexels/THIS IS ZUN

MPLS merupakan kegiatan yang pihak sekolah selenggarakan untuk memperkenalkan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru. Maksud peserta didik baru itu adalah siswa yang baru masuk di sekolah tersebut di kelas 1, baik itu SD, SMP, maupun SMA.

Dikutip dari buku Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter, Mokodompit, dkk. (2023: 123), masa pengenalan lingkungan sekolah bermanfaat untuk menumbuhkan sikap positif siswa, yakni kejujuran, kemandirian, menghormati keanekaragaman, persatuan, serta kedisiplinan.

Guna mencapai manfaat tersebut, pihak sekolah pun berusaha merancang kegiatan MPLS sebaik mungkin. Contohnya adalah membuat kegiatan yang variatif, seperti.

  • Kegiatan perkenalan di ruang kelas;

  • Kegiatan demo ekstrakurikuler;

  • Kegiatan pengenalan profil sekolah;

  • Kegiatan bermain teka-teki; dan lain-lain.

Baca juga: Mengenal Kegiatan Pra MPLS dan Cara untuk Mempersiapkannya

Kegiatan tersebut tentunya memiliki maksud agar siswa baru lebih familier dengan lingkungan sekolah serta teman-temannya. Hal itu termasuk juga dengan kegiatan bermain teka-teki.

Ketika bermain teka-teki seperti teka-teki air lumpur, siswa berusaha melatih cara berpikirnya dan melatih kemampuan berkomunikasi dengan teman sebaya untuk menemukan jawaban yang tepat. Jadi, teka-teki pun dapat terpecahkan dengan cara yang seru. (AA)

Media files:
01h4wz75gj24f2v0sn5nvz0vmb.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar