Search This Blog

Kalem Aya Urang, Persembahan Melly Goeslaw untuk Tanah Sunda

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kalem Aya Urang, Persembahan Melly Goeslaw untuk Tanah Sunda
Jun 25th 2023, 19:00, by Giovanni, kumparanHITS

Melly Goeslaw rilis lagu Kalem Aya Urang. Foto: Dok: Istimewa
Melly Goeslaw rilis lagu Kalem Aya Urang. Foto: Dok: Istimewa

Melly Goeslaw merilis lagu berjudul Kalem Aya Urang. Lagu ini dipersembahkan Melly untuk tanah kelahirannya, Bandung, selama 28 tahun berkarier di industri musik.

"Saya lahir dan besar di Bandung, semua unsur yang ada di kehidupan saya ambience-nya, ya, Bandung. Kemarin reuni memang semua geng saya di Bandung, semua jadi pengin memberikan dedikasi aja," tutur Melly Goeslaw di kawasan Bintaro, belum lama ini.

Melly mengatakan bahwa tak ada ide khusus saat pertama kali menggarap single tersebut. Ia hanya mengaku mantap ingin mempersembahkan sesuatu untuk tanah kelahirannya usai reunian.

Sekiranya sudah 600 lagu yang Melly ciptakan sepanjang kariernya. Namun baru kali ini Melly menciptakan lagu berbahasa Sunda. Dia mengaku bangga saat lagu tersebut akhirnya dirilis.

"Yang penting saya sudah pernah buat karya yang saya dedikasikan untuk tanah Sunda, ke depannya, kan, unpredictable. Mudah-mudahan bisa menghibur, menyenangkan buat semua," ujar Melly.

Melly Goeslaw di Acara Peluncuran Trailer Film Suzana Malam Jumat Kliwon. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
Melly Goeslaw di Acara Peluncuran Trailer Film Suzana Malam Jumat Kliwon. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan

Istri Anto Hoed itu juga mengungkap makna dari lagu Kalem Aya Urang. Kata Melly, lagu tersebut mengajak agar masyarakat Sunda percaya diri menunjukkan karya mereka.

"Liriknya tentang ajakan orang-orang Sunda untuk percaya diri mengembangkan kreativitas, makanan-makanan sunda, itu masuk dalam lirik ada balakutak, bala-bala, batagor, leunca sama peda," ungkap Melly tertawa.

"Aku juga memasukkan nama-nama tempat aku dulu kongkow sama teman-teman ada Dago, Cicadas, Kosambi, sama Cihampelas. Ya message yang ringan, ini lagu terenteng yang pernah aku ciptakan tapi mengandung pesan yang benar-benar dari lubuk hati saya. Wujud bakti saya sama tanah Sunda," tambahnya.

Melly memang tak menemukan kesulitan apa pun dalam proses penggarapan lagu itu. Namun, pengambilan instrumen musik tradisional cukup memakan waktu.

"Unsur kendangnya, gamelannya, sulingnya semuanya organik, live," tutur Melly.

Lantas apakah Melly akan membuat lagu berbahasa Sunda lagi nantinya?

"Kalau ini booming dan orang suka dan ada permintaan lagi, kenapa enggak bikin lagi yang bahasa Sunda," tukasnya.

Media files:
01h3rx2kp8mw9tjctyz1dwt463.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar