Search This Blog

Arti Esensial dalam Bahasa Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Arti Esensial dalam Bahasa Indonesia
Apr 29th 2023, 20:09, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi artikel Arti Esensial dalam Bahasa Indonesia. Sumber: pexels.com/Pixabay
Ilustrasi artikel Arti Esensial dalam Bahasa Indonesia. Sumber: pexels.com/Pixabay

Esensial adalah suatu kata dalam bahasa Indonesia yang memilili arti mendasar atau penting. Esensial termasuk dalam kata bahasa asing yang diserap dalam bahasa Indonesia. Kata ini sering digunakan dalam percakapan maupun tulisan.

Meskipun esensial sering digunakan dalam percakapan, tetapi masih ada yang belum mengetahui artinya secara lebih luas. Masih ada yang menggunakan kata esensial namun tidak sesuai konteks. Oleh karena itu, dalam artikel berikut ini, kita akan menyimak ulasan mengenai arti esensial dalam bahasa Indonesia dan penggunaannya.

Esensial Adalah Suatu Hal yang Penting atau Mendasar dalam Bahasa Indonesia

Ilustrasi artikel Arti Esensial dalam Bahasa Indonesia. Sumber: pexels.com/Karolina Grabowska
Ilustrasi artikel Arti Esensial dalam Bahasa Indonesia. Sumber: pexels.com/Karolina Grabowska

Esensial merupakan salah satu kata serapan dari bahasa Inggris. Sebelum menyimak ulasan arti dan definisi esensial, kita akan menyimak penjelasan mengenai kata serapan. Mengutip buku Sukses USBN Bahasa Indonesia untuk SD/MI oleh Tim Ganesha Operation (2017: 80), ada dua jenis kata serapan, yaitu:

  • Unsur yang belum sepenuhnya terserap dalam bahasa Indonesia. Unsur ini sudah digunakan dalam konteks bahasa Indonesia, tapi pengucapannya masih menggunakan cara asing. Contoh: reshuffle

  • Unsur yang pengucapan dan penulisannya sudah disesuaikan dengan aturan bahasa Indonesia. Ejaan unsur tersebut hanya diubah seperlunya sehingga memiliki bentuk yang tidak terlalu berbeda dibandingkan dengan bentuk aslinya. Contoh: exclusive - eksklusif, ratio - rasio, paragraph - paragraf.

Esensial termasuk dalam jenis yang kedua karena memiliki bentuk yang tidak terlalu berbeda dibandingkan bentuk aslinya, yaitu essential.

Baca juga: Arti Kata Epigon Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), esensial adalah perlu sekali, mendasar, atau hakiki. Sinonim kata esensial antara lain inheren, intrinsik, fundamental, pokok, prima, substantif, dan utama.

Kata esensial sering digunakan dalam bidang keilmuan untuk menyebut hal-hal yang penting atau substantif. Contohnya, menurut Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Covid-19 2019 di wilayah Jawa dan Bali, sektor esensial antara lain:

  • Keuangan dan perbankan

  • Pasar modal

  • Sistem pembayaran

  • Teknologi informasi dan komunikasi

  • Perhotelan non penanganan karantina Covid-19

  • Industri orientasi ekspor

Ilustrasi artikel Arti Esensial dalam Bahasa Indonesia. Sumber: pexels.com/Cottonbro Studio
Ilustrasi artikel Arti Esensial dalam Bahasa Indonesia. Sumber: pexels.com/Cottonbro Studio

Itulah ulasan mengenai arti kata esensial dan penggunaannya dalam bahasa Indonesia. Semoga dapat menambah wawasan Anda mengenai kata serapan dalam bahasa Indonesia dan penggunaannya.(IND)

Media files:
01gz5ty77ex7d6ztvgb25n6p1j.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar