Search This Blog

Arti dan Lawan Kata Dominan sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Arti dan Lawan Kata Dominan sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia
Apr 15th 2023, 20:28, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi arti dan lawan kata dominan, sumber foto: fauxels dari Pexels
Ilustrasi arti dan lawan kata dominan, sumber foto: fauxels dari Pexels

Lawan kata atau antonim merupakan salah satu materi yang ada dalam pelajaran bahasa Indonesia. Mempelajari antonim sendiri akan sangat berguna dan juga akan menambah penguasaan kosakata kalian. Berikut adalah arti dan lawan kata dominan.

Pengertian Lawan Kata dalam Bahasa Indonesia

Ilustrasi arti dan lawan kata dominan, sumber foto: August de Richelieu dari Pexels
Ilustrasi arti dan lawan kata dominan, sumber foto: August de Richelieu dari Pexels

Sebelum membahas mengenai lawan kata dominan, sebaiknya kalian mengetahui lebih dulu mengenai pengertian antonim dan jenis-jenisnya.

Dikutip dari buku Kamus Pintar Sinonim Antonim dan EYD Indonesia karya Aisyah Atikah Deasy dan Ganessa Putri, (2015) dijelaskan bahwa antonim adalah suatu kata yang artinya berlawanan satu sama lain.

Antonim sendiri secara garis besar dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut:

  1. Antonim berpasangan yaitu kata-kata yang secara makna jelas bertentangan karena didasarkan pada mana pasangannya sehingga tidak bisa dipertentangkan tanpa kehadiran mana pasangannya. Jika salah satu unsur dinegatifkan, tidak secara serta-merta memunculkan pasangannya.

  2. Antonim melengkapi yaitu kata-kata yang secara makna bertentangan, tetapi kehadiran mana salah satu kata bersifat melengkapi kehadiran makna yang lain.

  3. Antonim berjenjang yaitu kata-kata yang secara makna mengandung pertentangan, tetapi pertentangan mana ini bersifat berjenjang/bertahap/bertingkat.

Baca juga: Pengertian dan Antonim Loyalitas dalam Bahasa Indonesia

Arti dan Lawan Kata Dominan

Setelah mengetahui apa itu antonim, maka selanjutnya untuk mencari lawan kata dominan harus tahu lebih dulu arti kata dominan.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia Online (https://kbbi.kemdikbud.go.id/) kata dominan memiliki arti bersifat sangat menentukan karena kekuasaan, pengaruh, dan sebagainya.

Selain itu kata dominan juga memiliki arti berpengaruh kuat, tampak menonjol (tentang warna dan sebagainya).

Setelah mengetahui arti kata dominan, maka kalian bisa menentukan lawan kata dominan yaitu kata-kata yang secara makna bertentangan atau berlawanan dengan kata dominan. Lawan kata dominan adalah kecil.

Hal tersebut karena kecil dalam KBBI memiliki arti kurang besar (keadaannya dan sebagainya) daripada yang biasa, tidak besar. Muda, sedikit, sempit (tidak luas, tidak lebar, dan sebagainya) serta tidak penting (tidak berharga dan sebagainya).

Demikian adalah pembahasan mengenai pengertian antonim, arti dan juga lawan kata dominan untuk menambah puasaan kosakata bahasa Indonesia. (WWN)

Media files:
01gy1xmszg3n9w3z4q9s6eshxj.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts