Search This Blog

Sampah di Manado Melonjak Jadi 500 Ton per Hari Usai Banjir

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sampah di Manado Melonjak Jadi 500 Ton per Hari Usai Banjir
Feb 4th 2023, 21:26, by Tim Manado Bacirita, Manado Bacirita

Seorang warga berjalan di antara sampah sisa banjir Manado.
Seorang warga berjalan di antara sampah sisa banjir Manado.

MANADO - Kota Manado diterjang banjir pada Jumat (27/1) pekan lalu. Ribuan warga di sembilan kecamatan dan 46-an kelurahan terdampak banjir yang disebabkan curah hujan tinggi, yang terus mengguyur Kota Manado. Usai banjir, persoalan baru kemudian muncul, yakni sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado, Frangky Porawouw mengatakan terjadi lonjakan produksi sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo setiap harinya.

Menurut Frangky, saat ini produksi sampah tercatat mencapai 500 ton per hari, di mana sebelumnya hanya berkisar 350 ton per hari.

"Ada lonjakan produksi sampah hingga 150 ton per hari usai banjir," kata Frangky.

Dijelaskan Frangky, lonjakan produksi sampah diprediksi masih akan terjadi, mengingat saat ini masih banyak wilayah yang dalam proses pembersihan oleh sejumlah pihak.

Menurutnya, dengan kondisi tersebut, secara otomatis ada sampah yang dihasilkan dari pembersihan, di mana tentunya sampah tersebut akan dibuang ke TPA Sumompo.

Namun demikian, Frangky meyakinkan jika daya tampung dari TPA Sumompo masih ada dan aman untuk lonjakan tersebut. Apalagi menurutnya, pengelolaan di TPA sudah lebih baik sehingga tak ada penumpukan yang akan terjadi.

"Semoga kondisi Kota Manado usai banjir ini akan secepatnya pulih. Wali Kota maupun Wakil Wali Kota Manado sangat konsen untuk memulihkan kondisi di Manado termasuk ikut membantu warga secara langsung. Kami di DLH pun punya tanggung jawab yang tentunya akan kita kerjakan dengan baik," kata Frangky kembali.

manadobacirita

Media files:
01gred3pgjxrxnfm0n1zyx44yk.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar