Search This Blog

Prosedur yang Digunakan untuk Membersihkan Layar saat Program Dijalankan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Prosedur yang Digunakan untuk Membersihkan Layar saat Program Dijalankan
Feb 25th 2023, 17:37, by Berita Terkini, Berita Terkini

https://pixabay.com/id/users/pexels-2286921/ - prosedur yang digunakan untuk membersihkan layar saat program dijalankan adalah
https://pixabay.com/id/users/pexels-2286921/ - prosedur yang digunakan untuk membersihkan layar saat program dijalankan adalah

Dalam materi pelajaran Teknologi Informasi di bangku SMA/MA kamu akan menemukan pertanyaan seperti berikut: "Prosedur yang digunakan untuk membersihkan layar saat program dijalankan adalah". Tepatnya pada materi mengenai pemrograman komputer. Apakah kamu tahu apa jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut?

Baca Juga: Jenis Program Microsoft Excel dan Rumus yang Sering Digunakan

Prosedur yang Digunakan untuk Membersihkan Layar Saat Program Dijalankan adalah Clear Screen

Pertanyaan lengkap dari yang sudah disebutkan tadi adalah sebagai berikut:

Prosedur yang digunakan untuk membersihkan layar saat program dijalankan adalah
a. Writeln
b. Readln
c. Begin
d. Write
e. Clrscr

Saat melihat pertanyaan ini, mungkin kamu sudah paham bahwa yang dibahas adalah mengenai materi Pascal. Pascal adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang pertama kali dikembangkan pada tahun 1970-an oleh seorang profesor Swiss bernama Niklaus Wirth. Pascal dirancang untuk memudahkan pengajaran pemrograman dan dikembangkan dengan fokus pada kejelasan dan kesederhanaan kode.

Pada penerapannya, Pascal banyak digunakan untuk mengembangkan program-program yang membutuhkan kecepatan dan ketelitian seperti kompiler, sistem operasi, dan aplikasi matematika.

https://pixabay.com/id/users/pexels-2286921/
https://pixabay.com/id/users/pexels-2286921/

Dalam Pascal, prosedur yang digunakan untuk membersihkan layar saat program dijalankan adalah clrscr. Jadi, jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah e. Clrscr.

Mengutip dari buku Computer and Information Security Handbook, 2012, clrscr adalah singkatan dari Clear Screen yang digunakan untuk membersihkan layar pada program Pascal yang tersedia dalam unit CRT (Console Real-Time).

Berikut adalah contoh penggunaan fungsi ClrScr dalam program Pascal:

uses CRT; // mengimpor unit CRT
begin
ClrScr; // membersihkan layar
// kode program berikutnya
end.

Setelah memanggil fungsi ClrScr, secara otomatos layar akan dibersihkan dan posisi kursor akan kembali ke koordinat (1,1) di pojok kiri atas layar. Ini memungkinkan kamu untuk menampilkan output yang baru tanpa harus tercampur dengan output sebelumnya pada layar.

Kenapa Layar Perlu Dibersihkan Saat Program Masih Dijalankan?

Layar harus dibersihkan saat program masih berjalan untuk menghindari terjadinya tumpukan tampilan atau "screen clutter" pada layar yang dapat mengganggu kinerja dan produktivitas kamu sebagai pengguna.

Ketika sebuah program dijalankan, output dari program tersebut akan ditampilkan pada layar. Jika program menghasilkan output yang berulang-ulang atau output yang banyak, tumpukan tampilan dapat terjadi pada layar. Tumpukan tampilan ini dapat membuat layar terlihat tidak teratur dan sulit untuk dibaca.

Dengan membersihkan layar secara berkala, dapat membantu kamu untuk lebih fokus dan menghindari kesalahan pada program yang sedang dijalankan.

Jadi, sekarang sudah paham kan bahwa prosedur yang digunakan untuk membersihkan layar saat program dijalankan adalah clrscr (clear screen)? Selamat belajar. (DNR)

Media files:
01gt3t50knfbm37ha1cqz6kkgv.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar