Search This Blog

Perbedaan Comparative and Superlative dalam Bahasa Inggris beserta Contohnya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Perbedaan Comparative and Superlative dalam Bahasa Inggris beserta Contohnya
Feb 25th 2023, 17:58, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Comparative and Superlative. Foto: dok. Lilly Rum (Unsplash.com)
Ilustrasi Comparative and Superlative. Foto: dok. Lilly Rum (Unsplash.com)

Comparative and superlative merupakan materi penting yang perlu dikuasai siswa dalam pelajaran bahasa Inggris. Untuk memudahkan Anda dalam memahami materi comparative dan superlative, berikut ini pembahasan lengkap tentang pengertian, perbedaan dan contoh kalimat comparative dan superlative yang mudah dipelajari.

Baca juga: Contoh Soal Degree of Comparison Lengkap dengan Jawabannya

Pengertian dan Perbedaan Comparative and Superlative beserta Contoh Kalimatnya

Pelajaran bahasa asing khususnya bahasa Inggris menjadi salah satu pelajaran yang dipelajari di sekolah. Hal ini karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan secara universal dalam berbagai bidang, khususnya pendidikan. Hal ini selaras dengan yang disebutkan dalam buku berjudul Cara Mudah Belajar Basic English Grammar yang disusun oleh R. Maas Shobirin (2008: 3).

Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa saat ini, Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang kerap digunakan di berbagai bidang, termasuk di bidang pendidikan. Hal tersebut membuat semua masyarakat semakin menyadari betapa pentingnya mempelajari bahasa Inggris. Salah satu pembahasan yang dipelajari dalam pelajaran bahasa Inggris adalah comparative and superlative.

Ilustrasi Comparative and Superlative. Foto: dok. Kate Williams (Unsplash.com)
Ilustrasi Comparative and Superlative. Foto: dok. Kate Williams (Unsplash.com)

Comparative and superlative merupakan bentuk kalimat digunakan untuk membandingkan benda. Kedua bentuk kalimat ini memiliki perbedaan spesifik. Umumnya comparative digunakan untuk membandingkan antara dua benda. Sedangkan superlative membandingkan satu benda dari banyak benda.

Pembahasan mengenai comparative and superlative dipaparkan dalam buku berjudul English Grammar Secret: Non Fiksi yang disusun oleh M. Kholilurrahman J. (2018: 109) yang menyebutkan bahwa comparative adalah struktur kebahasaan dalam bahasa Inggris yang membandingkan satu orang/benda (tunggal) dengan satu orang/benda lainnya (tunggal). Biasanya dicirikan dengan adanya kata more/"-er" (lebih) dan than (daripada).

Sedangkan superlative adalah struktur kebahasaan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk membandingkan satu orang atau benda (tunggal) dengan orang atau benda yang lain (jamak). Biasanya dicirikan dengan adanya kata most atau "-est" yang berarti "paling" dan artikel "the" sebelum kata most atau "-est". Berikut ini contoh kalimat yang menggunakan comparative and superlative:

Ilustrasi Comparative and Superlative. Foto: dok. Caleb Woods (Unsplash.com)
Ilustrasi Comparative and Superlative. Foto: dok. Caleb Woods (Unsplash.com)

Contoh Kalimat Comparative:

  • My cat is bigger than yours

  • Rafid is more athletic than Luna

  • The color of rose is more interesting than the color of cabbage

Contoh Kalimat Superlative:

  • Kuwait is one of the biggest oil producers in the world

  • Ronaldo is the most successful football player

  • Pizza Hut is the most famous pizza store in town

Itu dia pengertian, perbedaan, beserta contoh penggunaan comparative and superlative yang dapat Anda pelajari dengan mudah. Perbanyak latihan dengan menulis dan berdiskusi dengan bahasa Inggris untuk memudahkan Anda dalam menguasai penggunaan bahasa Inggris dalam keseharian. (DAP)

Media files:
01gt40n73w9frkgh97vqn56s1r.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar