Search This Blog

Proses DCVI Jaga Kualitas Truk Mercedes-Benz Lewat Seleksi Mitra Karoseri

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Proses DCVI Jaga Kualitas Truk Mercedes-Benz Lewat Seleksi Mitra Karoseri
Aug 15th 2025, 12:00 by kumparanOTO

Truk Mercedes-Benz di karoseri Sigma, Cikarang. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Truk Mercedes-Benz di karoseri Sigma, Cikarang. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) punya standardisasi ketat dalam hal seleksi mitra karoseri. Ini dilakukan untuk menjaga kualitas produk bus maupun truk Mercedes-Benz tetap terjaga di tangan end user.

Truck Body Builder Advisor PT DCVI Hendro Sembodo bilang, sudah menjadi keharusan agen pemegang merek melakukan pemilihan mitra dalam hal ini body builder, mengingat jumlah karoseri untuk truk terbilang banyak di Indonesia.

"Pertama informasi dari rekan diler, kemudian bersama DCVMI (Daimler Commercial Vehicle Manufacturing Indonesia) akan menilai bersama quality assurance independen dari banyak faktor," buka Hendro saat ditemui di Cikarang, Kamis (14/8).

Truk Mercedes-Benz Axor di karoseri Sigma. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Truk Mercedes-Benz Axor di karoseri Sigma. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Parameter yang menjadi rujukan sudah barang tentu legalitas dan administrasi perusahaan karoseri. Kemudian kebenaran keberadaan lokasi, tenaga kerja terampil bersertifikat, hingga kelengkapan fasilitas produksinya.

"Dari situ dianalisa administrasinya karena akan berurusan dengan SKLB (Surat Keterangan Laik Bus/Barang yang diterbitkan karoseri setelah pengerjaan selesai), SRUT (Surat Registrasi Uji Tipe oleh Ditjen Perhubungan Darat), dan KIR (uji berkala kendaraan setelah kendaraan beroperasi)," tambahnya.

Truk Mercedes-Benz Axor. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Truk Mercedes-Benz Axor. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Tak kalah penting adalah kapabilitas perusahaan dalam hal rancang bangun karoseri sesuai permintaan konsumen. Biasanya bentuk karoseri menyesuaikan kebutuhan di lapangan, bila bisa dikustomisasi sesuai aturan akan menjadi nilai plus.

"Ada RnD, design engineering jenjang sampai stress analysist karoseri. Kemudian lanjut fasilitas, jangan cuma legalitasnya saja, kami cek juga alat untuk painting, bending lempengan baja, laser cutting, perawatan, pengerjaan terkait SOP, kemudian terkait record peralatannya benar apa tidak digunakannya untuk menghindari failure," tukasnya.

Truk Mercedes-Benz Axor 2528 R Euro 4 M-Cab Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Truk Mercedes-Benz Axor 2528 R Euro 4 M-Cab Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Setelahnya lanjut proses pra produksi, produksi, hingga pre delivery inspection sebelum diserahkan ke konsumen. Semua tahapan tersebut mengikuti panduan Mercedes-Benz Truck Bodybuilder Guidelines, termasuk pendampingan teknis dari tim Bodybuilder Advisory (BBA) DCVI.

Proses multi-layer quality control diperlukan pada setiap tahap produksi, mulai dari penerimaan raw material, proses fabrikasi, hingga pengujian non destruktif, uji hidrostatis, maupun uji tekanan.

@kumparanplay

Gak kebayang sih nyetir sasis bus kayak gini dari Jakarta ke karoseri yang ada di Malang, terus hujan pula! Emang bener-bener top deh para pejuang nol kilometer 👍🏼 kumparan dapat kesempatan langsung ngejajal nyetir sasis Mercedes-Benz OF917 short wheelbase di kawasan tertutup. Apparel yang dipakai persis banget nih kayak kalau mau naik motor. Intinya kalau nyetir sasis harus hati-hati utamanya saat belok! #onthereels #nyetirsasisbusmercy #otomotif #svr #collab #sasis #bus #apparel #mercedebenz #wheelbase #mobil

♬ original sound - kumparanPLAY - kumparanPLAY

Media files:
01k2nt57taer28egfwkhvec5yq.jpg image/jpeg,
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar