Menggandeng content creator Gina Angelia, "Kuliner Pilihan Lokal" merupakan program bulanan ShopeeFood yang dirancang untuk mempopulerkan UMKM kuliner dari berbagai daerah se-Indonesia. Foto: dok. Istimewa
Sebagai upaya mendukung kemajuan UMKM kuliner, ShopeeFood memperkenalkan program bertajuk Kuliner Pilihan Lokal. Bersama Gina Angelia, program ini akan memberikan rekomendasi makanan di berbagai kota se-Indonesia.
Program Kuliner Pilihan Lokal dimulai di Jakarta. Tak sekadar mencicipi menu-menu legendaris dan hidden gem, ShopeeFood dan Gina juga mengangkat kisah inspiratif para pelaku usaha UMKM yang menjadi bukti nyata keberhasilan dalam menggunakan fitur dan berbagai promosi ShopeeFood untuk memperluas jangkauan bisnis mereka secara digital.
Sejak hadir pada tahun 2021, ShopeeFood memang konsisten mendorong pertumbuhan UMKM kuliner di Indonesia melalui berbagai kemudahan, promo, dan inovasi berbasis teknologi.
3 Rekomendasi Tempat Makan di Jakarta ala Kuliner Pilihan Lokal
1. Ayam Goreng Buni
Sejak 1958, Ayam Goreng Buni senantiasa menghadirkan cita rasa renyah lewat warisan keluarga. Didirikan oleh sepasang suami istri, Suheli dan Iing, usaha yang berada di Jalan Buni, Mangga Besar, ini telah bertahan lebih dari enam dekade dan kini tengah dikelola oleh anak mereka, Andre dan Endri Suheli.
ShopeeFood menggandeng Gina Angelia, konten kreator kuliner lokal, untuk memberikan rekomendasi makanan di berbagai kota melalui program "Kuliner Pilihan Lokal". Foto: dok. Istimewa
Meski menghadapi tantangan zaman serta persaingan banyaknya ragam menu ayam goreng yang tersedia di pasaran, Ayam Goreng Buni tetap konsisten menjaga keaslian rasa. Salah satu keunikan utamanya terletak pada kremes khas yang dibuat dari campuran rempah-rempah pilihan.
Awalnya, Ayam Goreng Buni hanya menyajikan ayam goreng dan nasi uduk, tapi kini menunya berkembang menjadi lebih beragam seperti semur dan jengkol. Demi menjaga kualitas, sang pemilik masih memusatkan penjualan pada outlet di Mangga Besar, dan berhasil menjadi kuliner ayam goreng legendaris yang terkenal di Jakarta.
Pesanan Ayam Goreng Buni siap diantar oleh mitra ShopeeFood. Foto: dok. Istimewa
"Sejak bergabung dengan ShopeeFood di awal tahun 2021, kami merasakan dampak positif dalam pertumbuhan bisnis dari Ayam Goreng Buni. Fitur promosi dari ShopeeFood sangat mudah digunakan dan berdampak baik pada penjualan. Kami mendapatkan semakin banyak pesanan semenjak aktif menggunakan fitur diskon dan voucher di ShopeeFood." papar Endri Suheli.
Tak hanya fokus pada pertumbuhan internal, Ayam Goreng Buni juga turut memberdayakan masyarakat sekitar untuk mendukung operasional sehari-hari. Kolaborasi ini menjadi bukti nyata bagaimana pelaku UMKM dapat berkembang secara digital sekaligus mempertahankan nilai-nilai lokal yang autentik.
2. Nasi Goreng Kebuli Apjay
Nasi Goreng Kebuli Kambing Apjay senantiasa konsisten beradaptasi dengan perkembangan zaman melalui digitalisasi usaha lewat ShopeeFood sejak tahun 2021. Pertama kali hadir pada 2009, kuliner ini tumbuh dari resep keluarga yang dipelopori oleh Pak Irpan dan kini diteruskan oleh generasi kedua, Saddam Khusyain, sebagai penerus.
Berlokasi di area Apotik Jaya, Panglima Polim, Jakarta Selatan, kedai ini telah menjadi destinasi kuliner favorit di kalangan anak muda Jakarta Selatan. Semula dikenal dengan menu bakmi Jogja, Apjay kini menjadikan nasi goreng kebuli sebagai andalan berkat respons pasar yang luar biasa.
Cita rasa khas Nasi Goreng Kebuli Kambing Apjay terletak pada bumbu kebuli yang dimasak menggunakan tungku dan arang, bukan kompor, menghasilkan aroma dan rasa daging kambing yang lebih bersih tanpa bau prengus.
"Sekarang, Nasi Kebuli Kambing Apjay telah memiliki lima cabang di Jakarta, bisnis kami berhasil tumbuh pesat setelah bergabung dengan ShopeeFood. Alhamdulillah, usaha kami mengalami peningkatan omzet dan bisa membuka lebih banyak lapangan kerja." tutur Saddam.
Fitur seperti Flash Sale dinilai efektif menarik pelanggan, dan ia berharap ShopeeFood terus menghadirkan promo serta inovasi layanan demi mendukung pertumbuhan UMKM kuliner yang adaptif dan berkelanjutan.
3. Pangsit Goreng Lek Gino
Selain kedua UMKM di atas, ShopeeFood juga blusukan ke Cengkareng untuk mengunjungi Pangsit Goreng Lek Gino. Berawal dari berjualan sepulang kerja restoran dan mengelola katering, Lek Gino mulai menjual pangsit goreng sekitar tahun 2009—yang kini telah viral dan dikenal luas, terutama sejak masa awal pandemi.
"Awalnya saya hanya menjual mie ayam dengan pangsit sebagai pelengkap, justru antusiasme pelanggan terhadap pangsit goreng bikin saya pengen jadiin pangsit goreng menu utama dan membangun bisnis mandiri. Setelah saya mengembangkan usaha pangsit, ternyata pengunjung yang berdatangan semakin beragam dan laris, termasuk lewat online di ShopeeFood," jelas Sugino, pemilik Pangsit Goreng Lek Gino.
Berlokasi di Cengkareng Timur, Jakarta Barat, Pangsit Goreng Lek Gino dikenal dengan kualitas kulit pangsit buatan sendiri yang membedakannya dari produk serupa yang ada di pasaran. Sejak bergabung dengan ShopeeFood, ia aktif menggunakan berbagai promo untuk menjangkau pelanggan baru.
"Kunci sukses kuliner adalah mengikuti selera pasar tanpa mengorbankan keaslian rasa," tandasnya.
Sebagai mitra yang andal bagi pelaku usaha lokal, ShopeeFood pun terus memberikan fitur dan solusi terbaik guna mendorong perkembangan bisnis kuliner secara berkelanjutan.
Komitmen ini sejalan dengan misi #ShopeeAdaUntukSemua dalam menjangkau dan memberdayakan lebih banyak pihak yang belum terlayani secara optimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar