Search This Blog

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 87: Masa Bercocok Tanam

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 87: Masa Bercocok Tanam
Oct 8th 2024, 17:27, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi kunci jawaban ips kelas 7 halaman 87 - Sumber: pexels.com/@annushka-ahuja/
Ilustrasi kunci jawaban ips kelas 7 halaman 87 - Sumber: pexels.com/@annushka-ahuja/

Kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 87 Kurikulum Merdeka membantu siswa menjawab soal tentang masa bercocok tanam. Siswa seringkali tidak menyadari kesalahan yang mereka buat tanpa bantuan kunci jawaban.

Pembahasan kunci jawaban membantu mereka melihat letak kesalahan pada jawaban dan mengoreksi pemahaman yang salah. Hal ini penting agar kesalahan serupa tidak terulang saat mengerjakan soal yang serupa di masa depan.

Soal dan Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 87 Kurikulum Merdeka

Ilustrasi kunci jawaban ips kelas 7 halaman 87 - Sumber: pexels.com/@mary-taylor/
Ilustrasi kunci jawaban ips kelas 7 halaman 87 - Sumber: pexels.com/@mary-taylor/

Kehidupan pada masa bercocok tanam dimulai berbarengan dengan zaman Neolitikum. Ini merupakan periode saat manusia mulai mengembangkan cara hidup menetap dan bergantung pada pertanian sebagai sumber utama makanan.

Masa ini menandai peralihan dari kehidupan berburu dan meramu yang nomaden menuju kehidupan yang lebih stabil dengan bercocok tanam dan beternak.

Berdasarkan Buku IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka Semester 1 untuk SMP, Tema 02 Keberagaman Lingkungan Sekitar, M. Nursa'ban, dkk, Edisi Revisi, inilah pembahasan soal dan kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 87.

Soal Halaman 87

1. Bagaimana pembagian kerja antara laki-laki dan perempuan pada masa bercocok tanam?

Jawaban:

Pada masa ini, pembagian tugas pria dan perempuan dibedakan berdasarkan faktor-faktor seperti tradisi, lingkungan geografis, dan nilai-nilai budaya yang berlaku, contohnya:

Pria bertanggung jawab untuk melakukan pekerjaan yang memerlukan kekuatan fisik, seperti membajak ladang, membuka lahan baru, menggemburkan tanah, dan melakukan pemeliharaan alat pertanian seperti alat bajak atau alat penggiling.

Perempuan bertanggung jawab untuk kegiatan yang lebih terkait dengan perawatan tanaman, seperti menanam bibit, merawat tanaman yang sedang tumbuh, menyiangi gulma, dan memanen hasil panen. Perempuan juga dapat terlibat dalam mengelola hasil panen, seperti membersihkan dan menyimpan makanan.

Selain bercocok tanam, perempuan juga memegang tanggung jawab untuk tugas-tugas rumah tangga seperti memasak, merawat anak-anak, mengelola persediaan makanan, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal.

2. Bagaimana bentuk sistem kepercayaan pada masa bercocok tanam?

Jawaban:

Sistem kepercayaan pada masa ini didominasi dengan pemujaan terhadap roh nenek moyang, hal-hal yang menakutkan atau serbahebat, serta benda atau hewan besar, yaitu:

  1. Animisme adalah kepercayaan yang meyakini bahwa roh mendiami bendabenda tertentu. Sala satu contoh animisme adalah upacara kenduri panen dengan memanggil roh pertanian.

  2. Dinamisme adalah kepercayaan yang meyakini bahwa ada kekuatan gaib pada benda-benda tertentu. Misalnya menaruh hormat kepada pohon, batu besar, gunung, dan jimat.

    Praktek religi dan kepercayaan berupa pemujaan arwah para leluhur masih dianut oleh suku-suku pedalaman di Indonesia . Misalnya suku bangsa Dayak di Kalimantan yang masih mempraktekkan ritual-ritual animisme dan dinamisme.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 222 untuk SMP

Dengan sering memeriksa jawaban sendiri menggunakan kunci jawabaIPS kelas 7 halaman 87 Kurikulum Merdeka, siswa bisa lebih teliti dan terbiasa untuk lebih akurat dalam menjawab soal. (DNR)

Media files:
01j9npkykn0z13rz1cp6hta95q.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar