Search This Blog

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 75 untuk Bagian "Kegiatan 1"

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 75 untuk Bagian "Kegiatan 1"
Oct 5th 2024, 19:00, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 75. Sumber: Unsplash/Jeswin Thomas
Ilustrasi Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 75. Sumber: Unsplash/Jeswin Thomas

Tugas Bahasa Indonesia kelas 11 yang terdapat di halaman 75 memuat jenis soal uraian. Salah satu cara praktis untuk memeriksa tugas seperti itu adalah menggunakan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 75.

Kunci jawaban tersebut dapat membuat pemeriksaan tugas menjadi lebih praktis karena pemeriksa tidak perlu mencari jawaban secara manual. Pemeriksa cukup melihat kesesuaian antara pertanyaan soal, jawaban siswa, dan inti pembahasan dalam kunci jawaban.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 75

Ilustrasi Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 75. Sumber: Unsplash/Ben Mullins
Ilustrasi Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 75. Sumber: Unsplash/Ben Mullins

Kunci jawaban adalah bacaan yang memuat jawaban lengkap dari suatu soal. Salah satu contoh, yaitu kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 75. Bacaan itu memuat jawaban lengkap dari soal Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 75 bagian "Kegiatan 1".

Pihak yang dapat melihat kunci jawaban adalah guru, orang tua, pembimbing belajar, atau siswa kelas 11. Namun, setiap pihak tersebut harus memastikan bahwa siswa telah berusaha menyelesaikan seluruh tugas secara mandiri sebelum melihat kunci jawaban.

Tujuannya adalah mencegah tindakan menyontek dari kunci jawaban. Dikutip dari buku Mengalahkan Raksasa Kehidupan, Tedjo (2017: 56), menyontek merupakan kebiasaan buruk yang harus dijauhi oleh para siswa dan mahasiswa karena akan merugikan diri sendiri.

Setelah siswa menyelesaikan tugas secara mandiri, pemeriksaan dapat dimulai. Dikutip dari buku berjudul Buku Panduan Guru Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XI, Marwati dan Waskitaningtyas (2021: 128), berikut kunci jawaban Bahasa Indonesia "Kegiatan 1" halaman 75.

1. Jawaban Soal Nomor 1

  • Tjandra Naja adalah sebuah bangunan cagar budaya di Jalan Gajah Mada, Jakarta, Indonesia. Bangunan tersebut merupakan bekas kediaman keluarga Khouw van Tamboen, terutama Majoor der Chinezen Khouw Kim An.

  • Majoor der Chinezen Khouw Kim An adala pemimpin bangsa Tionghoa di Batavia yang terakhir. Bangunan cagar budaya bekas kediaman keluarga Khouw van Tamboen tersebut memiliki luas 2.250 m² dengan arsitektur Tionghoa yang khas.

2. Jawaban Soal Nomor 2

  • Pemerintah Orde Baru mengatakan bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) ingin melakukan perebutan kekuasaan terhadap pemerintah Soekarno pada peristiwa Gerakan 30 September 1965. Peristiwa tersebut meliputi pembunuhan tujuh jenderal Angkatan Darat.

  • Tujuh jenderal Angkatan Darat tersebut sekarang disebut sebagai Pahlawan Revolusi. Namun, buku putih sejarah tentang peristiwa tersebut belum pernah dirilis oleh Pemerintah Indonesia sehingga dapat menjadi acuan generasi baru belajar bersama.

3. Jawaban Soal Nomor 3

  • Akibat peristiwa Gerakan 30 September dan terbunuhnya tujuh jenderal Angkatan Darat adalah PKI dilarang di Indonesia. Hal itu membuat para anggota dan simpatisannya mengalami pembunuhan, pemenjaraan, pembuangan, dan berbagai diskriminasi lain.

4. Jawaban Soal Nomor 4

  • Revolusi Kebudayaan atau Revolusi Kebudayaan Proletarian Besar merupakan gerakan sosiopolitik yang terjadi di Tiongkok sejak 1966 sampai dengan 1976. Gerakan itu memiliki tujuan untuk menyajikan ideologi komunis yang dianggap benar di negara tersebut.

  • Gerakan itu mengakibatkan terjadinya pertumpahan darah di Tiongkok pada periode 1966 – 1976. Keadaan tersebut terjadi karena orang-orang yang dianggap keluar dari ajaran Mao Zedong harus mengalami pembunuhan dengan pelanggaran hak asasi manusia yang luar biasa.

Jika jawaban siswa memiliki perbedaan susunan kalimat atau narasi dengan kunci jawaban di atas, jawabannya belum tentu salah. Cara mengetahui jawaban benar atau salah adalah mencari kesesuaian antara pertanyaan, jawaban siswa, dan kunci jawaban.

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 207: Isi Resensi

Demikian jelas bahwa kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 75 adalah sarana untuk memeriksa tugas siswa. Sebelum kegiatan memeriksa tugas dimulai, siswa harus menyelesaikan seluruh tugas secara mandiri guna mencegah tindakan menyontek. (AA)

Media files:
01j9dw1dt7a5mzrxv7ass0pk2e.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar