Search This Blog

Harga Emas Cetak Rekor Tertinggi, Jual atau Beli Ya?

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Harga Emas Cetak Rekor Tertinggi, Jual atau Beli Ya?
Oct 11th 2024, 16:06, by Maharani Sagita, kumparanBISNIS

Ilustrasi Emas Batangan Foto: Shutterstock
Ilustrasi Emas Batangan Foto: Shutterstock

Dikenal stabil dan bernilai tinggi, emas menjadi pilihan investasi bagi banyak orang. Beberapa bahkan menjadikan emas sebagai aset jangka panjang.

Tak heran, pada 23 September 2024, harga emas dunia sempat mencapai rekor tertinggi dengan penutupan di angka USD 2.625,8 per troy ons. Lonjakan ini didorong oleh perlambatan aktivitas ekonomi di Amerika Serikat, yang telah menyebabkan pelaku pasar beralih ke aset yang lebih aman seperti emas.

Lantas dalam kondisi ini, apakah ini waktu yang tepat untuk menjual atau sebaliknya; membeli emas?

Tren Kenaikan Harga Emas

Emas memiliki sejarah panjang dalam menjaga nilainya, terutama selama masa inflasi dan gejolak pasar. Ketika nilai mata uang berfluktuasi, emas cenderung menjadi pilihan utama bagi investor untuk melindungi kekayaan mereka.

Dilansir World Gold Council, beberapa bank sentral di berbagai negara telah meningkatkan cadangan emas mereka, yang semakin memperkuat posisi emas sebagai aset investasi yang aman.

Pada tahun 2023, bank sentral menambah total 1.037 ton emas, menjadikannya sebagai pembelian terbesar kedua dalam sejarah setelah 2022, di mana bank sentral membeli 1.082 ton emas​.

Kenaikan emas juga mencerminkan permintaan yang terus meningkat dari pasar internasional. Ya, investor mencari pelindung nilai di tengah kekhawatiran tentang inflasi yang tinggi dan ketidakpastian di pasar saham.

Jual Emas: Peluang Keuntungan Jangka Pendek

Bagi Anda yang berorientasi pada keuntungan jangka pendek, menjual emas di saat harga tinggi dapat menjadi strategi yang menguntungkan. Lonjakan harga yang signifikan ini memberikan kesempatan untuk meraih profit.

Namun, keputusan untuk menjual harus didasarkan pada analisis yang matang. Pasar emas dapat berfluktuasi, dan menjual tanpa pertimbangan yang tepat bisa menyebabkan kehilangan potensi keuntungan lebih lanjut jika harga terus meningkat.

Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor sebelum menjual, termasuk analisis teknikal dan fundamental, serta pergerakan pasar secara keseluruhan. Jika ada indikasi bahwa harga emas mungkin akan terus meningkat, maka mempertahankan emas sebagai investasi jangka pendek bisa menjadi pilihan yang lebih bijak.

Beli Emas: Investasi Jangka Panjang yang Aman

Di sisi lain, bagi Anda yang memiliki pandangan jangka panjang, membeli emas saat harga tinggi masih bisa menjadi keputusan yang bijaksana. Emas telah lama diakui sebagai "safe haven" di saat krisis ekonomi.

Dalam kondisi pasar yang tidak menentu, emas cenderung mempertahankan nilainya, bahkan dapat meningkat saat pasar saham mengalami penurunan.

Investasi jangka panjang di emas juga dapat memberikan perlindungan terhadap inflasi. Ketika biaya hidup meningkat, emas biasanya mengalami kenaikan nilai, menjadikannya alat lindung nilai yang efektif.

Ilustrasi investasi emas digital. Foto: vivianamana/Shutterstock
Ilustrasi investasi emas digital. Foto: vivianamana/Shutterstock

Oleh karena itu, bagi investor yang fokus pada keamanan dan stabilitas portofolionya, menambah kepemilikan emas di saat harga tinggi bisa menjadi strategi yang cerdas.

Emas Digital: Solusi Praktis untuk Investasi

Ilustrasi Membeli Emas via Smartphone Foto: Shutterstock
Ilustrasi Membeli Emas via Smartphone Foto: Shutterstock

Di era digital ini, investasi emas tidak hanya terbatas pada fisik, tetapi juga berbentuk digital. Emas digital memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki emas tanpa harus menyimpan fisik.

Investasi emas digital dapat menawarkan keuntungan yang lebih fleksibel dan minim risiko penyimpanan. Dengan platform yang tepat, Anda dapat membeli emas digital dengan mudah dan nyaman seperti Lakuemas.

Kehadiran Lakuemas sebagai platform jual beli emas online sangat memudahkan. Lakuemas menawarkan kemudahan akses bagi masyarakat yang ingin membeli atau menjual emas digital dengan aman dan nyaman. Terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), Lakuemas menjamin transaksi yang transparan dan terpercaya.

Dengan aplikasi Lakuemas, Anda dapat membeli emas digital dengan kadar 24 karat mulai dari Rp 50 ribu, tanpa perlu khawatir tentang penyimpanan fisik.

Selain itu, platform ini juga menyediakan informasi harga emas yang terbaru yang bisa memudahkan Anda untuk membuat keputusan yang tepat. Kemudahan dalam bertransaksi serta dukungan berbagai metode pembayaran menjadikan Lakuemas pilihan ideal bagi Anda yang ingin berpartisipasi di pasar emas.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai investasi emas, kunjungi website resmi Lakuemas atau follow Instagram @lakuemas.

Artikel ini dibuat oleh kumparan Studio

Media files:
01j46m2mrapky514fdnhr3t8e3.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar