Search This Blog

BNN Sebut Ada WNI Wanita di Laos Perekrut Kurir Narkoba dari Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
BNN Sebut Ada WNI Wanita di Laos Perekrut Kurir Narkoba dari Indonesia
Oct 4th 2024, 18:24, by Mirsan Simamora, kumparanNEWS

Kepala Densus 88 Irjen Pol Martinus Hukom. Foto: Dok. Istimewa
Kepala Densus 88 Irjen Pol Martinus Hukom. Foto: Dok. Istimewa

Kepala BNN Martinus Hukom mengungkap di balik maraknya kurir narkotika yang berasal dari Indonesia. Ternyata ada sosok WNI wanita bernama Dewi Astuti atau DA yang menjadi perekrutnya.

Hukom mengatakan, Dewi adalah warga Jawa Timur. Di sudah banyak merekrut WNI jadi kurir narkotika. Statusnya saat ini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

"DA merekrut kurir internasional. Dia adalah warga Jawa Timur, WNI yang tinggal di golden triangle," kata Martius di BNN, Jakarta Timur, Jumat (4/7).

Dewi, lanjut Martinus, saat ini berada di Laos. Tidak dijelaskan lebih jauh bagaimana sosok Dewi dan dalam kelompok mana dia tergabung.

Konferensi Pers BNN usai penangkapan Bos Kartel asal Kalteng. Foto: Dok. BNN
Konferensi Pers BNN usai penangkapan Bos Kartel asal Kalteng. Foto: Dok. BNN

Golden triangle yang merupakan sudut 3 negara yakni Laos, Myanmar dan Thailand sempat jadi perhatian saat Polri menyatakan status DPO terhadap bandara narkoba Freddy Pratama.

Martinus menyebut, dari data yang diperolehnya ada 100 WNI yang tertangkap dalam kasus narkotika di luar negeri. Mereka bahkan sudah masuk meja persidangan.

"Sampai hari ini kita dapatkan data dari Kemenlu, WNI terjerat tindak pidana narkoba yang sedang melaksanakan putusan di luar negeri itu lebih dari 100 orang," bebernya.

Terungkapnya sosok Dewi Astuti ini saat BNN menangkap kurir heroin dari Singapura di Bandara Soekarno Hatta pada 22 September 2024 lalu.

Media files:
01j7p0bg1zs1nfd89c6zh6qtsd.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar