Search This Blog

Cara Cek Akreditasi Kampus melalui BAN-PT

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Cara Cek Akreditasi Kampus melalui BAN-PT
Sep 1st 2024, 19:57, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi cara cek akreditasi kampus - Sumber: pixabay.com/robtowne0
Ilustrasi cara cek akreditasi kampus - Sumber: pixabay.com/robtowne0

Cara cek akreditasi kampus dilakukan dengan mengunjungi laman BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi). Beberapa universitas juga menyediakan halaman khusus di situs mereka untuk memeriksa akreditasi kampus serta program studi atau jurusan.

Calon mahasiswa biasanya akan memeriksa akreditasi universitas dan program studi yang mereka minati sebelum membuat keputusan. Selain itu, pelamar pekerjaan atau peserta seleksi CPNS sering memeriksa akreditasi jika ada persyaratan terkait.

Cara Cek Akreditasi Kampus dari Situs BAN-PT

cara cek akreditasi kampus - Sumber: pixabay.com/stocksnap
cara cek akreditasi kampus - Sumber: pixabay.com/stocksnap

BAN-PT adalah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab untuk menilai akreditasi program studi dan perguruan tinggi. BAN-PT melakukan penilaian untuk dua jenis akreditasi, yaitu institusi perguruan tinggi dan program studi.

Akreditasi kampus harus diperbarui setiap lima tahun karena masa berlaku akreditasi terbatas. Oleh karena itu, situs BAN-PT terus memperbarui data akreditasi untuk memastikan bahwa informasi yang tersedia adalah yang terbaru.

Ketentuan mengenai akreditasi program studi dan perguruan tinggi dijelaskan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2020. Berdasarkan peraturan ini, akreditasi merupakan proses penilaian untuk menilai kelayakan program studi dan perguruan tinggi.

Sesuai dengan peraturan yang sama, akreditasi berfungsi sebagai sistem penjaminan mutu eksternal untuk pendidikan tinggi. Ini berarti akreditasi bertindak sebagai alat untuk menunjukkan kualitas perguruan tinggi dan program studi.

Lantas, bagaimana cara cek akreditasi kampus? Berdasarkan keterangan di situs www.banpt.or.id, berikut adalah langkah-langkah untuk mengeceknya.

  1. Kunjungi situs www.banpt.or.id.

  2. Jika mengakses dari ponsel, klik ikon tiga garis di sudut kanan atas layar.

  3. Arahkan kursor ke menu DATA AKREDITASI.

  4. Pilih PENCARIAN DATA AKREDITASI (Histori).

  5. Isi kolom yang tersedia dengan nama perguruan tinggi yang ingin dicek.

  6. Data akreditasi perguruan tinggi tersebut akan muncul secara otomatis.

  7. Untuk mencari akreditasi perguruan tinggi lainnya, hapus nama yang sudah dimasukkan dan masukkan nama perguruan tinggi baru.

Jika ingin memeriksa akreditasi secara umum, pilih menu Institusi (Terkini) atau Program Studi (Terkini). Kemudian, akan muncul tabel yang menampilkan daftar program studi dan perguruan tinggi di Indonesia beserta nilai akreditasinya.

Baca Juga: Cara Melihat Akreditasi Kampus dan Program Studi secara Daring

Berdasarkan buku MANFAAT AKREDITASI : Bagi Peningkatan Mutu Program Studi dan Lulusan Perguruan Tinggi, Nifasri, (2023), tujuan akreditasi adalah untuk menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi berdasarkan standar nasional pendidikan tinggi dan untuk menjamin mutu di bidang akademik.

Dengan mengetahui status dari cara cek akreditasi kampus, calon mahasiswa dan publik dapat menilai kualitas sebuah kampus. Selain itu, akreditasi membantu pemerintah dalam menetapkan standar yang memastikan mutu lulusan perguruan tinggi. (DNR)

Media files:
01j6ns8nf082rmdeew9sfpe98t.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts