Search This Blog

Aston Martin Umumkan Pencarian Mobil Pertama Mereka yang Hilang

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Aston Martin Umumkan Pencarian Mobil Pertama Mereka yang Hilang
Sep 2nd 2024, 06:00, by Sena Pratama, kumparanOTO

Potret mobil pertama yang dibuat Aston Martin. Foto: dok. Aston Martin
Potret mobil pertama yang dibuat Aston Martin. Foto: dok. Aston Martin

Bak sedang kehilangan salah satu anggota keluarganya, Aston Martin mengeluarkan pengumuman pencarian mobil yang pertama kali mereka produksi. Pabrikan Britania Raya, Inggris itu sampai mengajak pemerhati, pecinta, dan kolektor mobil untuk melacaknya.

Diunggah akun Instagram Aston Martin Heritage Trust (@amhtofficial), model perdana yang punya nama panggilan 'Coal Scuttle' itu riwayatnya dianggap sudah 'menghilang' sejak pertama kali dijual tahun 1924 silam.

Sebelum dilepas ke pembeli, mobil itu dibuat tahun 1914 dan terjual sebesar Euro 50 atau sekitar Rp 800 ribuan untuk nilai saat tahun itu. Namun, setelahnya model yang tidak punya nama resmi itu seperti menghilang begitu saja bagai ditelan bumi, dikutip Carscoop.

Menurut sumber, jadi sebenarnya mobil pertama Aston Martin itu sejatinya bukan model yang dijual massal. Masih berupa prototipe dan diproyeksikan untuk menjadi penantang serius mobil Bugatti kala itu, proses pengembangannya pun menemui jalan berliku.

Adalah Lionel Martin dan Robert Bamford yang tergabung dalam sebuah tim insinyur kecil dalam proses pengembangannya. Di bawah nakhoda keduanya, mobil tersebut melalui serangkaian macam uji coba sebelum pada akhirnya benar-benar bisa dipasarkan.

Sayangnya, peristiwa perang dunia pertama membuat pengembangan mobil tersebut sempat terganggu. Apalagi, Robert Bamford harus keluar dari proyek tersebut karena memenuhi kewajiban untuk berperang ke Prancis.

Potret mobil pertama yang dibuat Aston Martin. Foto: dok. Aston Martin
Potret mobil pertama yang dibuat Aston Martin. Foto: dok. Aston Martin

Kendati demikian, pengembangan 'Coal Scuttle' tetap berlanjut. Bahkan sempat melakukan uji coba dari London ke Edinburg pada tahun 1919 dan terus melakukan rangkaian uji cobanya hingga awal tahun 1920-an.

Nah, karena proses perlakuan pengujian tersebut, detail yang ada pada si 'Coal Scuttle' ini juga mengalami beberapa perubahan. Pada dua contoh foto antik yang ditampilkan, setidaknya model ini sudah menggunakan lampu depan dan spakbor yang berbeda.

Tentu saja, tanpa data riwayat yang jelas sejak pertama kali terjual dan ditambah dengan ubahan-ubahan tersebut membuatnya semakin susah untuk dilacak kembali. Mungkin saja saat ini sedang berada di peternakan seseorang, gudang, atau sebagainya.

***

Media files:
01j6hwpq095hzdx267asgsg89e.png (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar