Search This Blog

Apa Itu Tulang Balung Kuning? Cek Makna dan Ciri-Cirinya di Sini

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Apa Itu Tulang Balung Kuning? Cek Makna dan Ciri-Cirinya di Sini
Jul 6th 2024, 19:38, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Apa Itu Tulang Balung Kuning. Sumber: Unsplash/Lighten Up
Ilustrasi Apa Itu Tulang Balung Kuning. Sumber: Unsplash/Lighten Up

Apa itu tulang balung kuning? Tulang balung kuning merupakan salah satu frasa yang terdapat dalam weton Jawa. Weton dalam tradisi masyarakat Jawa mempunyai kaitan dengan hari kelahiran, yakni gabungan antara hari dengan pasaran.

Selain itu, beberapa masyarakat atau keturunan Jawa juga mempercayai bahwa weton seseorang memengaruhi kehidupannya. Salah satu contoh adalah weton tulang balung kuning yang dipercaya memiliki bawaan lahir warisan leluhur.

Apa Itu Tulang Balung Kuning?

Ilustrasi Apa Itu Tulang Balung Kuning. Sumber: Unsplash/Herry Sutanto
Ilustrasi Apa Itu Tulang Balung Kuning. Sumber: Unsplash/Herry Sutanto

Indonesia adalah negeri yang kaya dengan tradisi. Tradisi membuat masyarakat Indonesia hidup dalam sejumlah kepercayaan, misalnya kepercayaan tentang tulang balung kuning. Apa itu tulang balung kuning?

Tulang balung kuning atau tulang wangi merupakan salah satu frasa yang mempunyai kaitan dengan weton. Dikutip dari buku Karakter, Weton, dan Non Performing Financing, Ikwandoyo (2024: 5), weton adalah gabungan antara hari dan pasaran saat bayi lahir.

Dikutip dari buku Weton, Purwanti (2021: 67), menurut Wongsorejo dan Ranoewidjojo, orang Jawa kebanyakan masih mempercayai bahwa weton dapat memengaruhi kehidupan seseorang. Salah satu contoh adalah kepercayaan tentang tulang balung kuning.

Beberapa masyarakat atau keturunan Jawa mempercayai bahwa weton tulang balung kuning atau tulang wangi memiliki warisan leluhur. Jadi, orang yang lahir pada weton tersebut dipercaya memiliki titisan dari keturunan orang sakti.

Ciri-Ciri Weton Tulang Balung Kuning atau Tulang Wangi

Ilustrasi Apa Itu Tulang Balung Kuning. Sumber: Unsplash/Farhan Abas
Ilustrasi Apa Itu Tulang Balung Kuning. Sumber: Unsplash/Farhan Abas

Keberadaan asumsi mengenai weton tulang balung kuning atau tulang wangi sebagai titisan keturunan orang sakti, kemudian memunculkan sejumlah ciri. Beberapa ciri yang dipercaya sebagai pemilik weton tulang wangi, yaitu:

  • Mempunyai fisik yang menarik sehingga membuat banyak orang tertarik kepadanya.

  • Mempunyai karakter yang kuat serta positif. Contohnya, mempunyai bakat dalam banyak bidang, kreatif, serta memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

  • Sering beruntung dalam berbagai bidang kehidupan, misalnya terbebas dari bahaya dan rezekinya lancar.

  • Memiliki indra keenam, yakni mampu melihat atau merasakan keberadaan makhluk gaib.

Baca juga: Nama Bulan dalam Kalender Jawa secara Urut

Jadi, apa itu tulang balung kuning? Tulang balung kuning merupakan jenis weton Jawa. Weton tersebut menyiratkan bahwa seseorang terlahir dengan titisan dari keturunan orang yang sakti. Beberapa keturunan Jawa masih mempercayai tradisi tersebut. (AA)

Media files:
01j23pfy10grs535e4ebsm1k5y.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar