Search This Blog

Penjelasan Apakah Sebelum Kurban Tidak Boleh Potong Rambut

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Penjelasan Apakah Sebelum Kurban Tidak Boleh Potong Rambut
Jun 3rd 2024, 19:24, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Apakah Sebelum Kurban Tidak Boleh Potong Rambut. Sumber: Pexels/Rnnzeravac
Ilustrasi Apakah Sebelum Kurban Tidak Boleh Potong Rambut. Sumber: Pexels/Rnnzeravac

Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan memperingati Hari Raya Iduladha. Sebelum Iduladha, terdapat beberapa hukum yang wajib dipahami. Misalnya hukum memotong rambut. Apakah sebelum kurban tidak boleh potong rambut?

Terdapat perbedaan pendapat mengenai hal ini. Hal itu karena para ulama memberikan penafsiran yang berbeda-beda.

Apakah Sebelum Kurban Tidak Boleh Potong Rambut dan Kuku? Ini Jawabannya

Ilustrasi Apakah Sebelum Kurban Tidak Boleh Potong Rambut. Sumber: Pexels/Maria Geller
Ilustrasi Apakah Sebelum Kurban Tidak Boleh Potong Rambut. Sumber: Pexels/Maria Geller

Saat Iduladha, umat muslim yang mampu disarankan untuk berkurban. Berkurban memiliki waktunya tersendiri.

Dikutip dari buku Fikih Madrasah Tsanawiyah Kelas IX, Ahyar dan Najibullah (2021), waktu pelaksanaan kurban adalah mulai tanggal 10 Zulhijah sesudah salat Iduladha sampai terbenam Matahari pada tanggal 13 Zulhijah.

Namun, sebelum berkurban, terdapat beberapa hal yang harus dipahami. Misalnya adalah larangan untuk memotong kuku atau rambut. Apakah sebelum kurban tidak boleh potong rambut?

Boleh atau tidaknya hal tersebut sebenarnya masih menjadi perdebatan. Permasalah ini sebenarnya berawal dari adanya perbedaan pendapat atau tafsiran dalam memahami hadis riwayat Ummu Salamah. Ia pernah mendengar Nabi Muhammad saw. berkata:

"Apabila sepuluh hari pertama Dzulhijjah telah masuk dan seorang di antara kamu hendak berkurban, maka janganlah menyentuh rambut dan kulit sedikitpun, sampai (selesai) berkurban," (HR Ibnu Majah, Ahmad, dan lain-lain)

Dari hadis tersebut, terdapat dua pendapat yang berbeda. Berikut pendapatnya.

1. Pendapat Pertama

Pendapat pertama mengatakan bahwa hadis tersebut adalah larangan dari nabi untuk tidak memotong kuku dan rambut bagi orang yang akan berkurban. Larangan tersebut dimulai sejak sepuluh hari pertama bulan Zulhijah.

2. Pendapat Kedua

Sementara pendapat kedua berbeda. Pendapat kedua mengatakan bahwa yang dilarang adalah bukan memotong kuku atau rambut orang yang akan berkurban. Melainkan adalah memotong bulu atau kuku hewan yang akan dijadikan kurban. Hal itu karena kuku, bulu, dan juga kulit hewan kurban akan menjadi saksi di akhirat kelak. Hal ini sesuai dengan riwayat 'Aisyah berikut ini:

"Rasulullah SAW mengatakan, 'Tidak ada amalan anak adam yang dicintai Allah pada hari Iduladha kecuali berkurban. Karena ia akan datang pada hari kiamat bersama tanduk, bulu, dan kukunya. Saking cepatnya, pahala kurban sudah sampai kepada Allah sebelum darah hewan sembelihan jatuh ke tanah. Maka hiasilah diri kalian dengan berkurban (HR Ibnu Majah).

Baca juga: Hewan Kurban Apa Saja dan Syarat-syaratnya

Apakah sebelum kurban tidak boleh potong rambut? Ada dua pendapat dan bisa diamalkan sekaligus. Saat menuju hari kurban, lebih baik tidak memotong rambut dan kuku. Namun, jika rambut berkutu dan kuku telah kotor, maka perlu dipotong. Lalu, hewan kurban tak boleh dipotong kuku, tanduk, dan bulunya menjelang Iduladha. (FAR)

Media files:
01hzeqj4y5rz8a1s0pcbzw8z6a.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar