Search This Blog

Mengenal Permainan Sepak Bola

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Mengenal Permainan Sepak Bola
Jun 8th 2024, 17:36, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Permainan Sepak Bola Adalah Olahraga Beregu yang Terdiri Dari. Sumber: Unsplash/Joppe Spaa
Ilustrasi Permainan Sepak Bola Adalah Olahraga Beregu yang Terdiri Dari. Sumber: Unsplash/Joppe Spaa

Pada materi PJOK kelas 6, siswa akan menemukan pertanyaan yaitu permainan sepak bola adalah olahraga beregu yang terdiri dari berapa pemain? Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan dua tim yang saling bertanding untuk mendapatkan poin terbanyak.

Poin harus didapatkan dengan durasi waktu 45 menit pada tiap babaknya, sedangkan permainan ini terdiri dari dua babak.

Permainan Sepak Bola adalah Olahraga Beregu yang Terdiri Dari?

 Ilustrasi Permainan Sepak Bola Adalah Olahraga Beregu yang Terdiri Dari. Sumber: Unsplash/Jannik Skorna
Ilustrasi Permainan Sepak Bola Adalah Olahraga Beregu yang Terdiri Dari. Sumber: Unsplash/Jannik Skorna

Dikutip dari buku Jejak-Jejak Pengabdian Anak Negeri di Bumi Tengah-Tengah, Dr. Ir. Fransina S Latumahina, S.Hut., (108), pada hakikatnya permainan sepak bola merupakan permainan beregu yang menggunakan bola sepak. Permainan sepak bola adalah olahraga beregu yang terdiri dari 11 pemain.

Menurut (Wahidi, 2018) sepak bola merupakan olahraga permainan beregu yang menuntut kerja sama tim. Jadi keberhasilan satu tim tidak hanya ditentukan oleh satu pemain saja, akan tetapi tergantung dari kerja sama pemain dalam satu kesebelasan.

Menurut Muhajir (dalam Putra Arya, 2017) sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak, yang mempunyai tujuan untuk memasukan bola ke gawang dengan mempertahankan gawang tersebut agar tidak kemasukan bola.

Sepak bola berkembang dengan pesat di kalangan masyarakat karena permainan ini dapat dimainkan oleh laki-laki dan perempuan, anak-anak, dewasa dan orang tua. Sucipto (dalam Sinaga, Mangatur, 2018).

Menurut (Sukatamsi) (dalam Kristiyanto, 2009) seorang pemain sepak bola yang bermutu jelas membutuhkan beberapa kemampuan beberapa kemampuan itu diantaranya adalah kemampuan fisik dan kemampuan teknik. Disamping itu, faktor yang sangat menentukan permainan dari suatu kesebelasan adalah penguasaan teknik-teknik dasar permainan.

Menurut (Abdoellah) sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan sebagian pemain cadangan.

Menurut Azani Roni (dalam Oktawan, 2010) permainan sepak bola merupakan cabang olahraga paling populer didunia. Permainan ini merupakan permainan beregu yang terdiri dari sebelas orang permain untuk masing-masing tim.

Dalam permainan sepak bola setiap pemain harus mampu berperan ganda baik sebagai individu ataupun sebagai anggota kelompok dalam kesebelasan. Sebagai individu harus menguasai teknik dasar bermain sepak bola dengan baik, sedangkan sebagai anggota kelompok setiap pemain harus bekerjasama dengan pemain lain dalam timnya.

Ukuran lapangan sepak bola internasional yang digunakan memiliki panjang yang berkisar antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Di bagian tengah kedua ujung lapangan, terdapat area gawang yang berupa persegi empat berukuran dengan lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter.

Di bagian depan dari gawang terdapat area penalti yang berjarak 16.5 meter dari gawang. Area ini merupakan batas keeper boleh menangkap bola dengan tangan dan menentukan kapan sebuah pelanggaran mendapat hadiah tendangan penalti atau tidak. Jumlah pemain yaitu 11 untuk tiap regu tim.

Baca Juga: Pengertian dan Proses Terjadinya Tendangan Sudut dalam Sepak Bola

Permainan sepak bola olahraga beregu yang terdiri dari sebelas pemain dan masing-masing pemain harus bisa berperan sebagaimana tugasnya dalam permainan sepak bola.(glg)

Media files:
01hzseqj7ygnf13ae2v2hh76de.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar