Search This Blog

3 Ayat Alquran tentang Pernikahan untuk Dipahami Umat Islam

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
3 Ayat Alquran tentang Pernikahan untuk Dipahami Umat Islam
Jun 27th 2024, 21:43, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ayat Alquran tentang Pernikahan, Sumber Unsplash Utsman Media
Ayat Alquran tentang Pernikahan, Sumber Unsplash Utsman Media

Al-Qur'an memuat ayat-ayat yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari agar bisa menjadi pedoman umat muslim. Begitu juga tentang pernikahan. Berbagai ayat Alquran tentang pernikahan inipun bisa dipahami sebelum umat Islam melaksanakannya.

Salah satu ayat tersebut adalah Surat An Nisa ayat 1. Selain tentang pernikahan, ayat ini juga memerintahkan umat Islam untuk bertakwa kepada Allah Swt.

3 Ayat Alquran tentang Pernikahan

Ayat Alquran tentang Pernikahan, Sumber Unsplash Aqwam Jembatan Ilmu
Ayat Alquran tentang Pernikahan, Sumber Unsplash Aqwam Jembatan Ilmu

Ada banyak ayat Alquran tentang pernikahan untuk dibaca umat Islam sebelum ke jenjang yang lebih serius. Dengan demikian, keimanan dan pemahaman akan pernikahan bisa bertambah. Berikut di antaranya beserta arti dikutip dari quran.kemenag.go.id.

1. Surat An Nisa Ayat 1

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَاۤءَلُوْنَ بِهٖ وَالْاَرْحَامَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا
Yā ayyuhan-nāsuttaqū rabbakumul-lażī khalaqakum min nafsiw wāḥidatiw wa khalaqa minhā zaujahā wa baṡṡa minhumā rijālan kaṡīraw wa nisā'ā(n), wattaqullāhal-lażī tasā'alūna bihī wal-arḥām(a), innallāha kāna 'alaikum raqībā(n).
Artinya: Wahai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakanmu dari diri yang satu (Adam) dan Dia menciptakan darinya pasangannya (Hawa). Dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak.143) Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.

2. Surat An Nahl Ayat 72

وَاللّٰهُ جَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا وَّجَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَزْوَاجِكُمْ بَنِيْنَ وَحَفَدَةً وَّرَزَقَكُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِۗ اَفَبِالْبَاطِلِ يُؤْمِنُوْنَ وَبِنِعْمَتِ اللّٰهِ هُمْ يَكْفُرُوْنَۙ
Wallāhu ja'ala lakum min anfusikum azwājaw wa ja'ala lakum min azwājikum banīna wa ḥafadataw wa razaqakum minaṭ-ṭayyibāt(i), afabil-bāṭili yu'minūna wa bini'matillāhi yakfurūn(a).
Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kamu sendiri, menjadikan bagimu dari pasanganmu anak-anak dan cucu-cucu, serta menganugerahi kamu rezeki yang baik-baik. Mengapa terhadap yang batil mereka beriman, sedangkan terhadap nikmat Allah mereka ingkar?

3. Surat Ar Rum Ayat 21

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ
Wa min āyātihī an khalaqa lakum min anfusikum azwājal litaskunū ilaihā wa ja'ala bainakum mawaddataw wa raḥmah(tan), inna fī żālika la'āyātil liqaumiy yatafakkarūn(a).
Artinya: Di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah bahwa Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari (jenis) dirimu sendiri agar kamu merasa tenteram kepadanya. Dia menjadikan di antaramu rasa cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.

Baca juga: 7 Ayat Alquran tentang Bersyukur agar Nikmat Ditambahkan Allah Swt.

Sekian tiga ayat Alquran tentang pernikahan. Semoga umat Islam terutama para calon pengantin dapat mengambil hikmahnya (LOV)

Media files:
01j1d27d2t3a7jdjgahs9msd7d.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar