Search This Blog

Perbedaan antara Planet, Bintang, dan Satelit sebagai Benda Langit di Tata Surya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Perbedaan antara Planet, Bintang, dan Satelit sebagai Benda Langit di Tata Surya
May 4th 2024, 19:21, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi jelaskan perbedaan antara planet, bintang, dan satelit. Foto: Pixabay/WikiImages
Ilustrasi jelaskan perbedaan antara planet, bintang, dan satelit. Foto: Pixabay/WikiImages

Planet, bintang, dan satelit merupakan bagian dalam tata surya. Meski demikian, benda-benda langit tersebut memiliki karakteristiknya masing-masing. Untuk itu, jelaskan perbedaan antara planet, bintang, dan satelit!

Salah satunya terkait cahaya dan panas yang dimiliki ketiganya. Ketiga benda langit tersebut memiliki perbedaan yang sangat mencolok dan memudahkan dalam mengidentifikasinya.

Perbedaan antara Planet, Bintang, dan Satelit

Ilustrasi jelaskan perbedaan antara planet, bintang, dan satelit. Foto: Pexels/ZCH
Ilustrasi jelaskan perbedaan antara planet, bintang, dan satelit. Foto: Pexels/ZCH

Tata surya merupakan kumpulan benda langit yang terdiri dari bintang dan terikat oleh gaya gravitasi. Objek-objek langit tersebut termasuk dalam planet, satelit, asteroid, komet, dan lainnya.

Adapun jawaban dari perbedaan antara planet, bintang, dan satelit yakni:

1. Planet

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) planet adalah benda langit yang tidak mengeluarkan cahaya dan bergerak mengelilingi matahari secara tetap di dalam bentuk rotasi dan revolusi.

Sedangkan dikutip dari buku Bumi & Tata Surya oleh Nurfitra Yanto (2023) kata planet berasal dari bahasa Yunani "planetai" yang artinya pengembara.

Planet memiliki bentuk yang hampir bulat karena gaya gravitasi sekaligus membersihkan orbitnya dari benda-benda lain. Planet juga tidak bisa mengeluarkan panas dan cahaya karena kurang atau tidak adanya energi untuk menghasilkan panas.

Contohnya adalah Bumi, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

2. Bintang

Bintang adalah benda langit yang bisa memancarkan cahaya dan memiliki energi panas. Benda langit ini memiliki energi dan massa yang besar untuk membakar hidrogen dengan cara fusi nuklir.

Dampaknya adalah terjadi reaksi berantai yang menghasilkan energi sangat besar dan suhu sangat tinggi. Bahkan, panas dari bintang dapat dirasakan dalam jutaan hingga miliar kilometer.

Contohnya adalah Matahari.

3. Satelit

Satelit adalah benda langit yang mengelilingi planet. Hal ini dikarenakan satelit tertarik oleh gravitasi suatu planet dan berputar mengelilinginya sekaligus bersama planet untuk mengelilingi bintangnya.

Sama seperti planet, satelit tidak dapat mengeluarkan panas dan cahaya. Apabila satelit bisa menghasilkan cahaya, energi tersebut merupakan hasil penyerapan atau pemantulan dari bintang.

Contohnya adalah Bulan, Ganymede, Callisto, Thebe, Leda, Metis, Amalthea, Adrastea, Himalia, Themisto, Lysithea, dan lainnya.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa bintang dapat memancarkan cahaya dan panas hasil dari fusi nuklir hidrogen. Sedangkan planet dan satelit tidak, akan tetapi beberapa di antaranya bisa menyerap dan memantulkan cahaya.

Selain itu, ukuran dari bintang jauh lebih besar dari planet dan satelit. Sehingga, planet dan satelit dapat mengelilingi bintang karena besarnya gaya gravitasi bintang dampak dari besarnya massa dan ukurannya.

Baca Juga: Perbedaan dan Persamaan antara Planet Dalam dan Planet Luar dalam Tata Surya

Nah, sekarang sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan jelaskan perbedaan antara planet, bintang, dan satelit bukan? Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan tentang benda langit yang ada dalam sistem tata surya.(MZM)

Media files:
01hx1cmyg0bq0nktjem3kg30xq.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar