Search This Blog

JAC Sebut Cahaya Terang di Langit Yogya Adalah Meteor

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
JAC Sebut Cahaya Terang di Langit Yogya Adalah Meteor
May 5th 2024, 11:39, by Haya Syahira, kumparanNEWS

Ilustrasi Meteor. Foto: Geermy/shutterstock
Ilustrasi Meteor. Foto: Geermy/shutterstock

Pendiri Jogja Astro Club (JAC) Mutoha Arkanuddin menyebut cahaya terang di langit Yogya, Sabtu (4/5) malam sekitar pukul 22.12 WIB adalah meteor.

"Iya semalam itu fix meteor dari semua cirinya," kata Mutoha saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Minggu (5/5).

Mutoha mengatakan, meteor itu masuk dalam jenis bola api atau fireball. Umumnya meteor jenis ini berukuran sebesar bola basket hingga sebesar mobil. Meteor jenis ini biasanya memiliki cahaya yang terang jika dibandingkan dengan jenis meteor lainnya.

Namun, karena diameter meteor jenis ini terbilang kecil, umumnya tidak ada meteorit yang mendarat di bumi. Seluruhnya habis terbakar di udara.

"Kategori fireball dari penampakannya yang terang. Dari warna meteor yang menyala terang hijau meteor kemungkinan memiliki kandungan nikel yang banyak," katanya.

Dari video yang beredar, tampak hanya 1 meteor yang muncul. Mutoha memprediksi ketinggian meteor berkisar antara 90 sampai 110 kilometer.

Dengan ketinggian ini, artinya meteor bisa disaksikan di kota-kota lain, tidak hanya di Yogya.

"Ada dari kota lain menyaksikan, saya mendapat banyak laporan, ada dari Semarang, Magelang bahkan Sragen juga melihat," katanya.

Mutoha mengatakan kemunculan meteor fireball ini bukan merupakan bagian dari fenomena hujan meteor atau Eta Aquarids yang sedang terjadi.

Sebab kemunculan meteor ini dinilai terjadi lebih cepat dari kemunculan Eta Aquarids yang biasanya muncul dini hari.

"Eta Aquarids baru terbit menjelang jam 02.00 WIB. Radian (Eta Aquarids) juga masih di timur (belum terbit) sehingga kalau itu anggota Aquarids arah ke dari timur ke barat bukan selatan ke utara seperti semalam," tuturnya.

Media files:
l5hbi0qyvrpljympwgso.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts