Search This Blog

Tarif Tol Medan-Tebing Tinggi 2024 dan Tata Tertibnya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Tarif Tol Medan-Tebing Tinggi 2024 dan Tata Tertibnya
Apr 5th 2024, 20:59, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi tarif tol Medan-Tebing Tinggi 2024. Foto: Unsplash/Abdul Ridwan
Ilustrasi tarif tol Medan-Tebing Tinggi 2024. Foto: Unsplash/Abdul Ridwan

Menjelang lebaran, banyak masyarakat Indonesia yang melakukan mudik untuk pulang kampung. Terlebih bagi pengguna kendaraan roda empat, perlu mengetahui tarif tol yang dilewatinya. Salah satunya tarif tol Medan-Tebing Tinggi 2024.

Dengan mengetahuinya, para pemudik dapat mempersiapkan saldo e-toll untuk melalui jalur tol Medan-Tebing Tinggi. Hal ini dipilih karena jalan tol memiliki waktu perjalanan yang lebih cepat dibandingkan jalan biasa.

Tarif Tol Medan-Tebing Tinggi 2024

Ilustrasi tarif tol Medan-Tebing Tinggi 2024. Foto: Unsplash/novita ramadhani
Ilustrasi tarif tol Medan-Tebing Tinggi 2024. Foto: Unsplash/novita ramadhani

Dikutip dari buku Strategi Integrasi Pembangunan Infrastruktur oleh Rusmewahni (2022), tol Medan-Tebing Tinggi atau yang dikenal dengan jalan tol MKTT (Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi) adalah salah satu tol yang dikembangkan oleh pemerintah yang membentang sepanjang 61.80 km dari Tanjung Morawa hingga Tebing Tinggi, Sumatera Utara.

Pembangunannya sendiri terbagi menjadi dua seksi, yakni Seksi 1 (Medan-Perbarakan-Kualanamu) sepanjang 17,80 km dan Seksi II (Parbarakan-Tebing Tinggi) sepanjang 44 km.

Adapun besaran tarif tol Medan-Tebing Tinggi yakni:

  1. Golongan I: Rp60.000

  2. Golongan II: Rp89.000

  3. Golongan III: Rp89.500

  4. Golongan IV: Rp119.500

  5. Golongan V: Rp119.500

Tata Tertib Menggunakan Tol

Ilustrasi tata tertib menggunakan tol. Foto: Unsplash/Hafizh Maryansyah
Ilustrasi tata tertib menggunakan tol. Foto: Unsplash/Hafizh Maryansyah

Dalam mengenakan jalur tol, terdapat tata tertib yang perlu dipahami di antaranya:

1. Patuhi Batas Kecepatan

Dalam menggunakan jalan tol, kendaraan minimum melaju dengan kecepatan 60 km/jam. Sedangkan batas maksimalnya adalah 100 km/jam.

Jangan sampai melebihi 120 km/jam. Sehingga bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lain yang bisa berakibat fatal.

2. Gunakan Jalur yang Tepat

Jalan tol biasa memiliki beberapa jalur. Pastikan untuk menggunakan jalur yang tetap sesuai dengan tujuan. Apabila hendak berubah jalur, gunakan sain secara tepat.

Perhatikan juga marka jalan, apakah bergabung atau berpisah untuk menghindari kesalahan yang bisa berpotensi mengalami kemacetan hingga kecelakaan.

3. Jangan Menggunakan Ponsel

Selama berkendara, sangat dilarang untuk menggunakan ponsel. Terlebih di jalan tol kendaraan melaju dengan kecepatan yang tinggi. Sehingga, menggunakan ponsel dapat mengalihkan fokus yang dapat berakibat fatal.

4. Gunakan Lampu Utama di Malam Hari

Jika menggunakan tol di malam hari, gunakanlah lampu utama untuk melihat jalan yang memiliki cahaya redup sekaligus memungkinkan kendaraan lain untuk melihatnya.

Jangan juga menggunakan lampu jarak jauh, terutama jika di depan mobil ada kendaraan lain yang dapat menyilaukan pengguna lain dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Baca Juga: Tarif Tol Sinaksak Medan 2024, Berikut Ketentuannya

Sekarang sudah mengetahui besaran tarif tol Medan-Tebing Tinggi 2024 bukan? Dengan mengetahui besaran tarif yang diperlukan membuat berkendara nyaman dan juga menghindari tidak bisa lewat gerbang tol karena saldo e-toll kurang.(MZM)

Media files:
01htpk2cxk1vg3zraerb4dfaxq.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar