Search This Blog

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 201 tentang Proklamasi

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 201 tentang Proklamasi
Mar 9th 2024, 21:23, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi untuk kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 201. Sumber: pexels.com/Agung Pandit WIguna
Ilustrasi untuk kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 201. Sumber: pexels.com/Agung Pandit WIguna

Kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 201 membahas proklamasi kemerdekaan Indonesia. Pada materi ini, siswa mempelajari sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia beserta maknanya bagi bangsa Indonesia.

Teks proklamasi dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 yang sejak saat itu menjadi hari lahir bangsa Indonesia. Proklamasi adalah momentum yang sangat penting bagi bangsa Indonesia.

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 201

Ilustrasi untuk kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 201 tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sumber: pexels.com/Irgi Nur Fadil
Ilustrasi untuk kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 201 tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sumber: pexels.com/Irgi Nur Fadil

Berikut ini soal dan kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 201 menurut buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas IX oleh Iwan Setiawan, dkk (2018: 201):

  1. Bentuklah kelompok dengan anggota 4-6 orang.

  2. Carilah sumber dari buku atau internet tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia!

  3. Diskusikan dengan teman sekelompok, apakah makna proklamasi bagi kemerdekaan Indonesia?

  4. Tulis hasil diskusi pada kelompok berikut!

  5. Presentasikan hasil diskusi di depan kelas dna kumpulkan kepada guru untuk dinilai!

Jawaban:

Menurut buku Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas VII oleh Hadi Wiyono Isworo (2007: 25), berikut ini makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia:

  1. Proklamasi kemerdekaan merupakan pernyataan kemerdekaan dan sebagai pemberitahuan kepada seluruh rakyat Indonesia dan dunia bahwa Indonesia telah menjadi bangsa yang merdeka, berdaulat, dan bebas dari penajajahan.

  2. Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan sumber kekuatan dan tekad perjuangan bangsa Indonesia dalam melahirkan serta membangkitkan kembali kepribadian bangsa Indonesia.

  3. Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan titik puncak perjuangan bangsa Indonesia yang didorong amanat penderitaan rakyat, berhasil melepaskan diri dari belenggu penjajahan, sekaligus membangun suatu perubahan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

  4. Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan sumber hukum bagi berdirinya Negara Republik Indonesia.

  5. Proklamasi merupakan pernyataan bahwa bangsa Indonesia telah merdeka, bebas menentukan nasibnya sendiri, dan memiliki kedaulatan sendiri.

  6. Proklamasi merupakan pernyataan tentang kemerdekaan bangsa dan sebagai tindakan yang harus segera dilaksanakan berkaitan dengan proklamasi tersebut. Mulai dari detik proklamasi Indonesia menyusun bangsa yang merdeka, yang memiliki kedaulatan sendiri untuk mewujudkan cita-cita bersama, yaitu masyarakat adil dan makmur, baik material atau spiritual.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 109 Buku Tematik SD

Demikian kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 201 tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia yang disertai dengan soal. Semoga dapat membantu mempelajari materi proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam pelajaran IPS kelas 9. (IND)

Media files:
01hrh1b7jae12gw24x5xr4bz5k.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar