Search This Blog

Bacaan Doa Puasa Hari ke-20 agar Dibukakan Pintu Surga dan Ditutup Pintu Neraka

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Bacaan Doa Puasa Hari ke-20 agar Dibukakan Pintu Surga dan Ditutup Pintu Neraka
Mar 16th 2024, 17:52, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi doa puasa hari ke-20. Foto: Unsplash/Jeremy Yap
Ilustrasi doa puasa hari ke-20. Foto: Unsplash/Jeremy Yap

Ramadan merupakan momen bertebarannya kebaikan untuk mendapat ridha dari Allah Swt. Sehingga, umat Islam berlomba-lomba melakukan kebaikan, terutama memanjatkan doa. Misalnya, doa puasa hari ke-20.

Sebab, dengan membaca doa tersebut dapat menyempurnakan ibadah puasa di hari ke-20. Di sisi lain, doa saat puasa hari ke-20 meminta kepada Allah Swt. agar dibukakan pintu-pintu surga dan ditutup pintu neraka hingga mampu menelaah isi Alquran.

Bacaan Doa Puasa Hari ke-20

Ilustrasi doa puasa hari ke-20. Foto: Unsplash/VD Photography
Ilustrasi doa puasa hari ke-20. Foto: Unsplash/VD Photography

Berdoa adalah cara seorang hamba meminta sesuatu kepada Allah Swt. Berdoa juga tidak ada batasnya, selama bukan untuk keburukan, memutuskan tali silaturahmi, dan tidak tergesa-gesa.

Allah Swt. bersabda:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
Artinya: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS. Al-Baqarah: 186)

Selain itu, orang yang menunaikan puasa adalah salah satu orang yang doanya tidak tertolak. Sebagaimana dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad Saw. bersabda:

"Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do'a orang yang dizalimi." (HR. Ahmad 2: 305)

Bahkan, terdapat keutamaan bagi orang yang menunaikan puasa Ramadan di hari ke-20, yakni Allah Swt mengutus 70 Malaikat untuk menjaga dari setiap godaan setan yang terkutuk.

Allah Swt juga akan mencatat setiap hari puasa, seperti berpuasa 100 tahun menjadikan parit antara orang berpuasa dengan neraka, memberi pahala seperti pahala orang yang termaktub dalam Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Quran.

Lal, bagaimana bacaan doa puasa hari ke-20? Dikutip dari buku Anak Rajin Puasa oleh Hamidah Jauhary (2021), yakni:

اَللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ فِيْهِ أَبْوَابَ الْجِنَانِ وَ أَغْلِقْ عَنِّيْ فِيْهِ أَبْوَابَ النِّيْرَانِ وَ وَفِّقْنِيْ فِيْهِ لِتِلاَوَةِ الْقُرْآنِ يَا مُنْزِلَ السَّكِيْنَةِ فِيْ قُلُوْبِ الْمُؤْمِنِيْنَ
Allâhummaftah lî fîhi abwâbal jinâni wa agliq 'annî fîhi abwâban nîrân wa waffiqnî litilâwatil qur'âni yâ munzilas sakînata fî qulûbil mu'minîn
Artinya: "Ya Allah, bukakanlah bagiku di bulan ini pintu-pintu menuju surga dan tutupkan bagiku pintu-pintu neraka. Berikanlah kemampuan padaku untuk menelaah Al-Qur'an di bulan ini, Wahai yang menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin."

Baca Juga: Doa Puasa Hari ke-21 agar Puasa Makin Berkah

Demikianlah penjelasan tentang bacaan doa puasa hari ke-20. Semoga dengan mengamalkannya bisa mendapat kebaikan di dalamnya sekaligus amalan puasa Ramadan semakin sempurna. (MZM)

Media files:
01hs35jspt1wx1b0trtkw00yt2.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar