Search This Blog

5 Keutamaan Bulan Ramadhan Lengkap dengan Dalilnya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
5 Keutamaan Bulan Ramadhan Lengkap dengan Dalilnya
Mar 23rd 2024, 19:47, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi keistimewaan bulan Ramadhan. Foto: Pexels/Thirdman
Ilustrasi keistimewaan bulan Ramadhan. Foto: Pexels/Thirdman

Ramadan adalah bulan yang dinanti-nanti umat Islam di seluruh dunia. Hal ini disebabkan terdapat banyak keistimewaan bulan Ramadhan yang hanya bisa ditemui di bulan tersebut.

Allah Swt. pun menjanjikan berbagai keutamaan pada bulan tersebut kepada hamba-Nya. Oleh sebab itu, umat Islam semakin termotivasi untuk memperbanyak ibadah di bulan suci Ramadan.

Keistimewaan Bulan Ramadhan dan Dalilnya

Ilustrasi keistimewaan bulan Ramadhan. Foto: Pexels/Konevi
Ilustrasi keistimewaan bulan Ramadhan. Foto: Pexels/Konevi

Dikutip dari buku Menggapai Rahmat dan Ampunan di Bulan Ramadhan oleh Abu Utsman Kharisman (2024), ada berbagai keistimewaan bulan Ramadhan yang hanya didapatkan pada bulan suci ini. Berikut penjelasannya.

1. Bulannya Alquran

Ramadan adalah bulan yang mulia. Bahkan, bulan Ramdaan menjadi waktu diwajibkannya berpuasa dan diturunkannya Alquran kepada Nabi Muhammad Saw. Allah Swt. berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu" (QS. Al Baqarah: 185)

Menurut Ibnu Katsir, ayat di atas membuktikan bahwa Allah Swt. memuji bulan Ramadan sebagai bulan diturunkannya Alquran kepada Nabi Muhammad Saw. lewat Malaikat Jibril.

2. Dibukanya Pintu Surga dan Ditutup Pintu Neraka

Saat bulan Ramadan tiba, Allah Swt. membuka pintu surga dan menutup pintu neraka. Bahkan, pada waktu tersebut setan akan dibelenggu. Sebagaimana dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw. bersabda:

"Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu." (HR. Bukhari no. 3277 dan Muslim no. 1079)

3. Waktu Dikabulkannya Doa

Bulan Ramadan adalah salah satu waktu dikabulkannya doa seorang hamba. Terlebih jika ia melaksanakan puasanya sampai berbuka. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw.:

"Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi" (HR. Tirmidzi no. 3598)

4. Diampuninya Dosa-Dosa yang Berlalu

Apabila seorang muslim melaksanakan puasa Ramadan karena iman dan ikhlas, maka dosanya yang telah berlalu akan diampuni. Sebagaimana dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad Saw. bersabda:

"Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dalam kondisi keimanan dan mengharapkan (pahala), maka dia akan diampuni dosa-dosa yang telah lalu". (HR. Bukhari no. 2014 dan Muslim no. 760)

5. Terdapat Malam yang Lebih Baik dari Seribu Bulan

Pada 10 hari akhir bulan Ramadan, terutama di hari ganjil, terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan yang disebut dengan lailatul qadar. Allah Swt. berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS. Al Qadr: 1-3)

Baca Juga: 5 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Dengan mengetahui keistimewaan bulan Ramadhan, maka umat Islam bisa termotivasi untuk beribadah secara maksimal. Terlebih lagi, ada malam lailatul qadar yang lebih baik dari 1.000 bulan sehingga seharusnya umat semakin giat beribadah pada 10 hari akhir bulan Ramadan.(MZM)

Media files:
01hsn2ptm2c0em9420jn0etty8.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar